Kemarin, penggunaan GeNose mulai 5 Februari dan penguatan stok pupuk

Kemarin, penggunaan GeNose mulai 5 Februari dan penguatan stok pupuk

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghembuskan nafasnya pada kantong nafas untuk dites dengan GeNose C19 di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Minggu (24/1/2021). ANTARA FOTO/Fauzan/foc. (ANTARA FOTO/FAUZAN)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Minggu (24/1) mulai dari penggunaan alat tes COVID-19 GeNose mulai diterapkan di bus mulai 5 Februari hingga upaya Pupuk Indonesia memperkuat stok menyambut musim tanam.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Penggunaan GeNose secara acak pada moda bus mulai 5 Februari

Penggunaan alat deteksi COVID-19 karya anak bangsa, GeNose, akan mulai diterapkan pada moda transportasi bus secara acak pada 5 Februari 2021.

“GeNose adalah alat pendeteksi COVID-19 buatan Indonesia, yang diinisiasi oleh tim peneliti dari UGM. Saat ini sudah mendapatkan persetujuan edar dari Kemenkes dan Satgas Penanganan Covid-19. Untuk itu, pada moda kereta api akan diterapkan secara wajib (mandatory) pada tanggal 5 Februari 2021. Sedangkan angkutan bus tidak wajib, tapi akan dilakukan pengecekan secara random menggunakan GeNose mulai 5 Februari 2021, yang akan dimulai dari Pulau Jawa terlebih dahulu,” kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

2. AFPI berharap Erick Thohir dapat mensinergikan BSI dan fintech syariah

Ketua bidang syariah Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), Lutfi Adiansyah berharap Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah atau MES periode 2021-2024 yakni Menteri BUMN Erick Thohir dapat melahirkan terobosan-terobosan strategi dalam mensinergikan Bank Syariah Indonesia (BSI) dan fintech syariah.

"Kita tahu bahwa sektor perbankan sangat erat kaitannya dengan fintech syariah, bukan bersaing melainkan berkolaborasi, sehingga kalau kaitan langsungnya yang kami harapkan adalah harus ada terobosan-terobosan sinergi Bank Syariah Indonesia yang baru merger dengan pelaku fintech syariah," ujar Lutfi saat dihubungi Antara di Jakarta, Minggu.

3. KAI akan pakai GeNose untuk deteksi COVID-19

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mendukung penggunaan alat Gajah Mada Electric Nose Covid-19 atau GeNose C19 di layanan KAI untuk screening virus corona pada transportasi kereta api.

“Kami menyambut baik inovasi yang dihadirkan oleh anak bangsa dalam rangka menghadirkan layanan deteksi COVID-19 yang cepat, murah, dan akurat,” ujar Vice President Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

4. Garuda Indonesia Group pastikan perhatikan jadwal pemeliharaan pesawat

Garuda Indonesia Group memastikan terus memperhatikan jadwal pemeliharaan pesawat yang akan beroperasi sehingga laik terbang sekalipun saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19.

"Kami tetap menjalani prolong inspection yang ditetapkan oleh produsen manufaktur selama pandemi. Dan prolong inspection tetap dilakukan kendati pesawat dalam keadaan tidak terbang akibat pandemi," kata Direktur Utama PT Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia, I Wayan Susena dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

5. Pupuk Indonesia perkuat stok di gudang kabupaten sambut musim tanam

PT Pupuk Indonesia (Persero) terus memperkuat ketersediaan pupuk di gudang-gudang lini tiga atau gudang kabupaten di seluruh Indonesia dalam rangka mengantisipasi tingginya permintaan menyambut musim tanam awal tahun ini.

Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia Gusrizal dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu mengatakan hal itu dilakukan supaya pendistribusian ke distributor dan kios-kios bisa lebih cepat memenuhi kebutuhan petani.

 

 

Pewarta : Ade irma Junida
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021