Sepekan, gempa Talaud hingga guguran lava pijar Gunung Merapi

Sepekan, gempa Talaud hingga guguran lava pijar Gunung Merapi

ilustrasi - Zona subduksi Lempeng Laut Filipina penyebab gempa magnitudo 7,0 di Kepulauan Talaud Sulawesi Utara. ANTARA/HO-BMKG.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora yang menjadi perhatian banyak pembaca selama sepekan didominasi berita fenomena alam yang terjadi di sejumlah daerah mulai dari gempa Magnitudo 7,1 di Talaud, Sulawesi Utara pada Kamis (21/1) hingga Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan DI Yogyakarta yang 17 kali meluncurkan guguran lava pijar pada Sabtu (23/1).

1. Gempa Magnitudo 7,1 guncang Talaud Sulut tidak berpotensi tsunami
Gempa berkekuatan magnitudo 7,1 mengguncang wilayah Kepulauan Talaud Provinsi Sulawesi Utara pada Kamis (21/1) pukul 19.23 WIB, berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Analisis BMKG menyebutkan pusat gempa berada di 4.98 Lintang Utara dan 126.38 Bujur Timur pada kedalaman 154 kilometer di 134 kilometer timur laut Melonguane, Sulawesi Utara.

2. Hari keempat banjir di Banjarmasin air belum surut
Hari keempat banjir di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, tinggi air tidak juga menurun, malah naik meski tidak ada turun hujan karena kondisi air laut masih pasang dan air kiriman dari hulu.

"Malam tadi selain pasang tinggi juga kiriman air dari hulu dan daerah tetangga sudah mengisi ke sungai-sungai kita," ujar Kabid Sungai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Banjarmasin Hizbulwathoni di Banjarmasin, Minggu (17/1)

3. 52 pasien positif COVID-19 di Jambi sembuh
Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi Johansyah selaku Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Jambi menyatakan pada Minggu (17/1) 52 orang pasien positif COVID-19 di Jambi telah sembuh, sehingga total pasien yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 2.934 orang.

Sebanyak 52 orang pasien sembuh tersebut tersebar di enam kabupaten dan kota di Provinsi Jambi, dengan rincian 21 orang asal Kabupaten Bungo, 15 orang asal Kota Jambi, lima orang asal Kabupaten Batanghari, dua orang asal Kabupaten Tebo, dua orang asal Kabupaten Muaro Jambi dan satu orang Kabupaten Kerinci.

4. Gunung Merapi 17 kali luncurkan guguran lava pijar
Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Sabtu (23/1) mengeluarkan 17 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur 300-500 meter.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam keterangan resminya di Yogyakarta, Sabtu menjelaskan berdasarkan pengamatan pada Sabtu pukul 00.00 WIB sampai 06.00 WIB, guguran lava pijar itu meluncur ke arah barat daya atau hulu Kali Krasak dan Boyong.

5. Puncak Bogor banjir bandang, tak ada korban jiwa
Banjir bandang di area Gunung Mas di Desa Tugu Selatan, Kawasan Puncak, Cisarua, Bogor pada Selasa pagi (19/1) dipastikan oleh Bupati Bogor Ade Yasin tidak ada korban jiwa.

"Korban jiwa tidak ada, hanya ada 464 warga dievakuasi ke tempat yang aman," ungkapnya di Cibinong, Bogor.
Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021