Pencahayaan stadion GBT ini sudah melebihi kapastitas yang ditentukan oleh FIFA yaitu 2 ribu lux
Surabaya (ANTARA) - Tim Ahli dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Samsul Anam memastikan pencahayaan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya sudah melebihi kapastitas yang ditentukan oleh FIFA dengan mencapai capai 2.850 lux.

Samsul Anam di Surabaya, Jumat, mengatakan sebenarnya pada 24 Desember 2020 sudah dilakukan pengecekan yang pertama kali setelah lampu secara resmi terpasang.

"Tanggal 24 Desember lalu sudah dilakukan pengecekan. Tetapi kita sekarang mengecek kembali dan kebetulan pada saat itu ada sedikit penambahan. Sekarang ini sudah clear," kata Samsul.

Berdasarkan hasil pantauan usai melakukan uji kelayakan lampu di stadion utama GBT pada Kamis (21/1), Samsul menyatakan, pencahayaan stadion GBT ini sudah melebihi kapastitas yang ditentukan oleh FIFA yaitu 2 ribu lux, sedangkan Pemkot Surabaya sendiri sudah memberi target khusus yakni 2.400 lux.

Baca juga: Lampu standar FIFA dipasang di Stadion GBT Surabaya

"Artinya sudah lebih tinggi lagi karena saat bulan Desember saja 2.700 lux, setelah ada penambahan dan sedikit revisi sekarang sudah mencapai 2.850 lux," katanya.

Menurut dia, Pemkot Surabaya memberi standar yang lebih tinggi lantaran karena lambat laun lampu akan mengalami peredupan. Namun, Samsul menjamin jika pelaksanaan Piala Dunia U-20 berlangsung pada tahun 2023 mendatang maka pencahayaan stadion masih sesuai dengan standar yang ditentukan oleh FIFA.

"Kita sudah hitung ketika mengalami peredupan pun masih akan sesuai dengan standar. Perkiraan turunnya pun menjadi 2.400 lux," katanya.

Samsul menjelaskan, metode yang digunakan dalam pengujian ini menggunakan sampling yakni caranya dengan membagi lapangan menjadi 96 titik lokasi. Dari puluhan titik itu dilakukan pengujian dengan alat dan menghasilkan sekitar 2.850 lux.

Baca juga: Sesusai standar FIFA, kebutuhan utama Stadion GBT Surabaya rampung

"Kalau untuk perawatannya tidak terlalu sulit karena lampu yang digunakan LED sudah anti cuaca, debu, binatang. Saat hujan pun sudah aman," kata Samsul.

Staf Bidang Bangunan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Surabaya Loli Syahruli menambahkan, periode pengecekan akan dilakukan secara berkala untuk memastikan kondisi lampu baik-baik saja.

Selain itu juga menjaga lensa lampu agar tetap bersih, sehingga ketika pelaksanaan U-20 nanti, meski masih ada penurunan tetapi masih sesuai dengan standar FIFA.

"Kita siapkan betul GBT ini adalah sebuah stadion dengan kemampuan internasional untuk kita menerima tamu-tamu. Kita juga perhatikan pencahayaannya tidak hanya dalam stadion tetapi seluruh ruangan," katanya.

Baca juga: Renovasi luar stadion GBT Surabaya dikebut
Baca juga: Renovasi GBT Surabaya tetap jalan meski Piala Dunia U-20 ditunda

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021