Garuda Indonesia berkomitmen untuk senantiasa mendukung dan berjalan selaras dengan upaya pemerintah dalam upaya penanggulangan pandemi
Jakarta (ANTARA) - Maskapai nasional Garuda Indonesia pada Jumat (15/1/2021) meluncurkan livery khusus atau mencat badan pesawat dengan gambar alat suntik dalam rangka mendukung program vaksinasi COVID-19 di Indonesia.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu mengatakan desain livery tersebut terpasang pada armada B737-800NG yang akan melayani berbagai rute penerbangan domestik.

Livery khusus tersebut ditampilkan pada kedua sisi pesawat dengan tambahan tulisan #SukseskanVaksinasi di atasnya, sebagai simbol kampanye vaksinasi nasional.

"Sebagai national flag carrier, Garuda Indonesia berkomitmen untuk senantiasa mendukung dan berjalan selaras dengan upaya pemerintah dalam upaya penanggulangan pandemi COVID-19, yang pada kesempatan ini dilakukan melalui kampanye program vaksinasi. Dengan langkah ini, kami tentunya berharap dapat menyuarakan semangat vaksinasi untuk negeri melalui cara yang kreatif, yang kiranya turut dapat meningkatkan kesadaran dan keyakinan masyarakat atas pentingnya vaksinasi," katanya.

Baca juga: Garuda Indonesia siap distribusikan vaksin ke daerah

Lebih lanjut, sebagai bagian dari dukungan berkelanjutan dalam upaya percepatan program vaksinasi nasional, Garuda Indonesia melalui layanan lini bisnis kargo udara, turut berperan aktif dalam pengangkutan vaksin COVID-19 produksi Sinovac dari Beijing, China, menuju Jakarta.

Hingga saat ini, Garuda telah melayani tiga tahap pengangkutan vaksin, yakni sebanyak 1,2 juta dosis vaksin pada pengangkutan tahapan pertama, 6 Desember 2020.

Selanjutnya, tahap kedua pada akhir Desember 2020 lalu, pesawat Garuda mengangkut sebanyak 1,8 juta dosis vaksin COVID-19.

Serta, awal 2021, Garuda kembali mengangkut bahan baku vaksin COVID-19 produksi Sinovac, yang lebih lanjut akan diproses oleh PT Bio Farma untuk memenuhi kebutuhan sebanyak 15 juta dosis vaksin.

"Momentum awal pelaksanaan vaksinasi nasional ini, tentunya menjadi sebuah semangat dan optimisme tersendiri bagi Garuda Indonesia. Sebagai maskapai pembawa bendera bangsa yang secara berkesinambungan mendukung upaya pemerintah dalam penanggulangan pandemi COVID-19 di Indonesia melalui penyediaan layanan penerbangan yang mengedepankan aspek keamanan dan keselamatan penerbangan serta konsistensi implementasi protokol kesehatan yang optimal, kami meyakini implementasi program vaksinasi ini akan menumbuhkan kepercayaan dan optimisme masyarakat dalam pemulihan kesehatan dan kebangkitan ekonomi nasional," ujar Irfan.

Ia juga mengharapkan dengan pelaksanaan vaksinasi yang diiringi dengan konsistensi penerapan protokol kesehatan 3M (mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak), maka minat dan kepercayaan masyarakat untuk kembali bepergian menggunakan transportasi udara akan semakin meningkat.

Baca juga: Garuda bakal bekali awak kabin dengan kemampuan bahasa isyarat
Baca juga: Garuda sepakati restrukturisasi utang dengan Angkasa Pura-Pertamina


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021