Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Kemenparekraf sepakat bekerja sama untuk mengembangkan sport automotive tourism di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengembangkan ajang olahraga otomotif yang dipadukan dengan objek wisata atau sports automotive tourism di Indonesia.

Dia meyakini sports automotive tourism akan mampu menarik wisatawan domestik maupun mancanegara datang ke Indonesia dan usai pandemi diharapkan menjadi salah satu motor penggerak sektor pariwisata di Indonesia.

"Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Kemenparekraf sepakat bekerja sama untuk mengembangkan sport automotive tourism di Indonesia," kata Ketua MPR Bamabang Soesatyo dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Hal itu dikatakan Ketua MPR itu saat menerima Menparekraf Sandiaga Uno di kediamannya di Jakarta, Senin (12/1) malam.

Baca juga: Kota Palembang, MXGP dan destinasi wisata olahraga

Bambang Soesatyo meyakini Indonesia bisa menjadi salah satu ikon sport automotive tourism dunia karena memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat luar biasa.

Dia menjelaskan untuk tahap awal IMI beserta Kemenparekraf akan memanfaatkan ajang kejuaraan otomotif internasional MXGP 2021 untuk memadukan pariwisata dan olahraga otomotif.

MXGP 2021 rencananya akan dibuka di Oman pada 3 April 2021 dan berakhir di Argentina pada 14 November 2021 dan Indonesia akan mendapatkan dua seri yaitu pada 4 Juli dan 11 Juli 2021.

"Tanggal 4 Juli 2021 MXGP rencananya akan dilangsungkan di kawasan otorita Candi Borobudur Jawa Tengah dan tanggal 11 Juli 2021 rencana akan dilaksanakan di Bali. Kita ketahui bersama, di Jawa Tengah dan Bali sangat banyak destinasi wisata yang sangat indah untuk dikunjungi," ujar Bambang Soesatyo.

Baca juga: Bupati Gorontalo sebut ketupat offroad berpotensi wisata

Menurut dia, Kemenparekraf juga sepakat akan mengembangkan kawasan ekonomi kreatif modifikasi kendaraan roda dua serta roda empat yang melibatkan ribuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal itu, kata dia, karena produk modifikasi Indonesia sangat digemari konsumen nasional serta internasional.

"Untuk mewujudkan sport automitive tourism di tengah pandemi, semua pihak harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya," kata Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Karena itu, menurut dia, perlu dijalankan dengan baik protokol kesehatan pariwisata berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental sustainability) yang menjadi kebutuhan wisatawan dalam era adaptasi kebiasaan baru.

Baca juga: Menperin Harapkan IIMS Bisa Jadi Obyek Wisata
 

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021