Jadi membayar tidak perlu di terminal, kita bisa melakukan pemesanan dari rumah
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Kamis (31/12) kemarin, mulai dari Wall Street yang menguat saat tutup tahun hingga aplikasi Jakarta Electronic Ticketing Bus (Jaketbus) yang resmi diluncurkan agar masyarakat bisa membeli tiket bus secara daring.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Wall Street berakhir lebih tinggi terangkat ekspektasi pemulihan
Wall Street ditutup lebih tinggi pada perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), terangkat keuntungan kuat sektor energi, ketika para investor memperkirakan prospek ekonomi yang membaik pada 2021 ditopang peluncuran vaksin COVID-19 dan harapan untuk lebih banyak dukungan stimulus fiskal.

Indeks Dow Jones Industrial Average bertambah 73,89 poin atau 0,24 persen, menjadi berakhir pada 30.409,56 poin. Indeks S&P 500 naik 5,00 poin atau 0,13 persen, menjadi ditutup pada 3.732,04 poin. Indeks Komposit Nasdaq berakhir menguat 19,78 poin atau 0,15 persen, menjadi 12.870,00 poin.

Baca selengkapnya di sini


2. Empat BUMN bentuk TMI cetak tenaga kerja industri kreatif
Empat BUMN yakni PFN, PT Telkom, PT Dana Reksa, dan PT PPA sepakat membentuk Telecommunication and Media Institute (TMI) sebagai wadah untuk mencetak lebih banyak tenaga kerja kompeten di bidang industri kreatif.

Deputi Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Alex Denni, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, mengatakan sesuai keputusan Menteri BUMN dan seluruh pimpinan Kementerian BUMN bahwa BUMN harus memiliki “Learning Institute dan Research Institute”, sebagai pusat inovasi guna menghadapi tuntutan zaman yang kian menantang.

Baca selengkapnya di sini


3. Tutup tahun 2020, penyaluran dana perumahan FLPP capai 106,59 persen
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) mencatat penyaluran dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tahun ini mencapai realisasi 106,59 persen.

Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin mengatakan pencapaian itu setara dengan nilai Rp11,23 triliun bagi 109.253 unit rumah. Sehingga total capaian penyaluran FLPP dari tahun 2010 hingga per 28 Desember 2020 adalah sebesar Rp55,59 triliun untuk 764.855 unit rumah.

Baca selengkapnya di sini


4. Kementerian BUMN rombak susunan komisaris BPUI
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merombak susunan Dewan Komisaris PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau yang dikenal sebagai Indonesia Financial Group (IFG)

Kementerian BUMN menunjuk Fauzi Ichsan sebagai Komisaris Utama merangkap sebagai Komisaris Independen dan Masyita Crystallin sebagai Komisaris di BUMN Holding Asuransi dan Penjaminan itu.

Baca selengkapnya di sini


5. Aplikasi Jaketbus diresmikan, pesan tiket bus bisa daring
Sistem Tiket Secara Elektronik Online Melalui Aplikasi Jakarta Electronic Ticketing Bus (Jaketbus) diresmikan di Terminal Terpadu A Pulo Gebang, Jakarta Timur pada Kamis (31/12) di mana kini masyarakat bisa melakukan pembelian tiket perjalanan bus Antarkota Antarprovinsi atau AKAP secara daring (online) menggunakan telepon seluler (ponsel).

"Hari ini saya bahagia sekali, karena apa? naik bis dari Pulo Gebang sudah bisa menggunakan e-ticketing. Jadi membayar tidak perlu di terminal, kita bisa melakukan pemesanan dari rumah. Sudah ditentukan tujuannya kemana, bisnya apa, dimana naiknya. Ini lompatan yang luar biasa, terima kasih pak Wagub DKI dan juga Bank Indonesia untuk kolaborasinya, karena ini bisa pakai e-wallet," tutur Menhub Budi dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: Minyak naik jelang tutup tahun, catat penurunan 20 persen pada 2020
Baca juga: Hak rakyat, Menteri PUPR: Jangan main-main dengan dana rumah subsidi
Baca juga: Holding hotel, WIKA Realty dan 4 BUMN sepakati perjanjian komitmen

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021