Jakarta (ANTARA) - Berlibur menggunakan kendaraan pribadi bersama keluarga memang suatu hal yang mengasyikan.

Namun, ketika berlibur menggunakan kendaraan pribadi pada saat musim penghujan seperti saat ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pengemudi.

Dikatakan oleh Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), Sony Susmana bahwa berlibur dengan kendaraan pribadi di saat musim penghujan, pengemudi harus punya persiapan fisik dan mental, pastikan tubuh dalam kondisi fit untuk mengemudi di cuaca buruk

"Jangan paksakan ketika anda merasa ada salah satu organ tubuh yang tidak dapat berfungsi normal atau merasa tidak enak badan dan yang pengemudi harus melakukan cek kendaraan secara detail & mandiri, utamanya bagian2 dari kendaraan yang dapat menunjang pengemudi dalam mengemudi di cuaca buruk," kata Sony ketika dihubungi ANTARA, Rabu.

Berikut lima bagian pada kendaraan yang harus di cek sebelum berlibur menggunakan kendaraan pribadi pada saat musim hujan:

1.Wiper & air wiper
Ketika memasuki musim penghujan peran wiper sangat penting, apabila wiper sudah tidak dapat maksimal menyapu air dipermukaan kaca, jangan ditunda dan segera ganti dengan yang baru, sekalipun fisiknya masih bagus tetapi kualitasnya sudah jelek.

"Karena saat hujan lebat pengemudi membutuhkan visibilitas yang baik apalagi saat malam hari," ucap dia.



2.Lampu lampu di bagian depan dan belakang
Alat bantu penerangan pada kendaraan juga memiliki peran yang sangat penting, pastikan semua berfungsi dengan normal, karena lampu-lampu tersebut sangat membantu dalam berkomunikasi dan pengendara lain juga dapat jelas melihat keberadaan kita.

3.Ban
Pengemudi juga harus mengecek ban dan tekanan angin yang harus sesuai dengan tire placard serta telapaknya sesuai dengan kebutuhan. Telapak dan tekanan angin yang tidak sesuai dapat menyebabkan kendaraan mudah selip.


4.Sistem pegereman
Sistem dan jenis rem pada kendaraan memiliki peran yang juga sangat penting, pasalnya dalam kondisi cuaca buruk sangat dibutuhkan rem yang mumpuni untuk memperpendek jarak berhenti dan minim menimbulkan selip.

5.Check Fitur keselamatan
Hampir semua kendaraan keluaran saat ini memiliki fitur keselamatan yang cukup lengkap, jika pengendara ingin berlibur menggunakan kendaraan pribadi tidak ada salahnya untuk mengecek fitur keselamatan sebagai penunjang kestabilan pada kendaraan seperti ABS, EBD, BA, ESC & Camera 360 an lainnya tidak hanya terpasang tapi berfungsi normal.

Selain mengecek lima komponen pada kendaraan, pengemudi juga harus memiliki kendali penuh pada saat mengemudi dan juga disarankan agar memiliki strategi dan jurus dalam mengantisipasi kondisi-kondisi cuaca buruk, namanya Anticipation Driving, dan ini mutlak harus dimiliki seorang pengemudi.

Pada saat mengemudi, pengendara juga dipastikan harus dalam keadaan fokus dan waspada dengan duduk yang sempurna, tidak terlalu relax dan tidak terlalu tegang. Sehingga pengemudi memiliki kemampuan yang optimal dalam mengontrol kendaraannya.

Baca juga: Gaya liburan baru di Singapura, kemping di bandara
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020