Keraguan itu harus dijawab pak BGS. Pak BGS tentu sudah memahami bahwa tugas sebagai menkes sangat berat, terutama di masa pandemik COVID-19 seperti saat ini
Jakarta (ANTARA) - Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay menilai Menteri Kesehatan yang baru Budi Gunadi Sadikin (BGS) memiliki banyak tugas yang harus ditangani secara serius, salah satunya persoalan COVID-19 yang harus segera diatasi.

"Banyak harapan dan ekspektasi yang dilekatkan di pundak BGS, ada banyak tugas di Kemenkes yang perlu ditangani secara serius. Selain masalah rutin yang dihadapi setiap tahun, persoalan COVID-19 tentu menjadi persoalan yang tidak mudah diatasi," kata Saleh saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, banyak pihak yang meragukan BGS dan keraguan itu cukup beralasan karena yang bersangkutan bukan berasal dari kalangan dunia kesehatan.

Dia menilai penunjukkan Menkes bukan dari kalangan dunia kesehatan memang berbeda dengan kebiasaan sebelum-sebelumnya yaitu menkes selalu berasal dari profesional di bidang kedokteran.

Baca juga: Budi Sadikin diminta presiden selesaikan masalah COVID-19 secepatnya

Baca juga: Untuk Menkes baru, Pakar Kesehatan beri masukan soal layanan kesehatan


"Keraguan itu harus dijawab pak BGS. Pak BGS tentu sudah memahami bahwa tugas sebagai menkes sangat berat, terutama di masa pandemik COVID-19 seperti saat ini," ujarnya.

Namun Saleh meyakini, BGS dengan pengalaman dalam memimpin berbagai lembaga yang pernah dilakoni sebelumnya, tugas memimpin Kemenkes akan dapat dijalankan dengan baik.

Dia menilai setidaknya, dari aspek manajerial, BGS tentu tidak diragukan, tinggal bagaimana agar hal itu bisa diimplementasikan dalam memimpin kementerian kesehatan.

"Bagi saya, pak Terawan itu sudah lumayan bagus, namun beliau tetap diganti. Kita semua berasumsi bahwa pak BGS pasti lebih bagus, itu tantangan yang harus dibuktikan oleh BGS," katanya.

Saleh yang merupakan anggota Komisi IX DPR RI itu mengatakan, masyarakat tentu menunggu pelayanan kesehatan yang lebih baik. Selain itu menurut dia, masyarakat berharap agar kita segera lepas dari persoalan COVID-19 sehingga perekonomian lambat laun akan semakin membaik.

Selain itu Saleh menghormati keputusan Presiden Jokowi yang telah menunjuk 6 orang menteri baru di jajaran Kabinet Indonesia Maju.

"Diharapkan, keenam menteri baru ini dapat menambah kekuatan bagi pemerintah untuk meningkatkan performa dalam melayani masyarakat. Karena itu, semua pihak diharapkan dapat memberikan waktu kepada mereka untuk bekerja dan menorehkan prestasi," tuturnya.

Baca juga: PDIB: Menkes baru perkuat sistem manajemen Kementerian Kesehatan

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020