Target kami tujuh, enam yang kami dapat
Manokwari (ANTARA) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meraih kemenangan pada enam daerah di Provinsi Papua Barat yang menggelar Pilkada Serentak 2020.

"Ada sembilan daerah di Papua Barat yang menyelenggarakan pilkada. Target kami tujuh, enam yang kami dapat. Puji Tuhan perolehan kami hampir memenuhi target," ujar Sekretaris DPD PDIP Papua Barat Jeffry Raimas, di Manokwari, Sabtu.

Enam daerah itu, meliputi Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, Raja Ampat, dan Sorong Selatan. Pihaknya bersyukur partai-partai yang berkoalisi dengan PDIP solid di seluruh daerah.

Ia mengutarakan saat ini PDIP bersama partai koalisi sedang mendorong penyelesaian masalah pilkada tiga daerah di Papua Barat ke Mahkamah Konstitusi (MK), yakni Kaimana, Teluk Wondama, dan Fakfak.

"Tim sudah mendaftar secara daring. Berkas kami lengkap dan sudah siap jika MK hendak melakukan pemeriksaan," ujar Raimas lagi.

Pihaknya berharap upaya ini menambah kemenangan PDIP serta partai koalisinya di Papua Barat. Untuk tiga daerah itu, pihaknya mendorong pemungutan suara ulang (PSU) digelar pada sejumlah tempat pemungutan suara (TPS).

Selain mendorong kemenangan di tiga daerah tersebut, lanjut Raimas, PDIP bersama tim partai koalisi tetap melakukan langkah antisipasi untuk mempertahankan kemenangan di enam daerah.

"Kemenangan di enam daerah ini kami mengacu pada hasil pleno rekapitulasi KPU. Kami tetap berjaga-jaga mengantisipasi kemungkinan adanya gugatan kandidat lain ke MK," ujarnya.

Menurutnya, PDIP akan mengawal secara penuh terhadap seluruh kandidat kepala daerah yang diusung. Bukti perolehan suara di setiap TPS sudah dipersiapkan.

"PDI Perjuangan melalui BSPN (Badan Saksi Pemilu Nasional) seluruh daerah menyiapkan saksi di setiap TPS pilkada. Seperti Manokwari, pada pilkada ini kami hanya mendapat jatah 88 saksi dari tim, tapi di luar itu, kami menyiapkan 400 lebih saksi untuk mengawal semua TPS," katanya lagi.
Baca juga: Megawati apresiasi kemenangan kader PDIP di sejumlah pilkada di Papua
Baca juga: Golkar, PDIP, NasDem juarai perolehan dukungan DPR Papua Barat

 

Pewarta: Toyiban
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020