Ini merupakan bentuk solidaritas organisasi buruh tanpa melihat latar belakang organisasinya
Jakarta (ANTARA) - Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) bekerja sama dengan Indika Foundation menyalurkan bantuan ribuan beras kepada sejumlah buruh yang terkena dampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat pandemi COVID-19.

Penyaluran ribuan paket beras ini diperuntukkan bagi buruh di Bekasi, Karawang, Jakarta, Bandung, Subang, Sumedang, Purwakarta, dan juga kota-kota kawasan industri lainnya.

"Program tersebut merupakan upaya KSPSI sebagai konfederasi buruh terbesar di Indonesia untuk membantu kesulitan anggotanya yang kena PHK," kata Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea saat menyerahkan bantuan beras secara simbolis di kawasan Cengkareng dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Baca juga: KSPSI DIY minta bantuan subsidi upah jangkau seluruh pekerja

Andi Gani mengatakan di beberapa kota KSPSI juga menyerahkan bantuan ke buruh yang bukan anggota KSPSI sebagai bentuk solidaritas sesama buruh.

"Ini merupakan bentuk solidaritas organisasi buruh tanpa melihat latar belakang organisasinya," ujar Andi Gani Nena Wea.

Dia mengatakan total ada 5.000 ribu paket beras dengan ukuran 5 kilogram disiapkan KSPSI untuk disalurkan kepada sejumlah buruh terdampak PHK.

Andi Gani yang juga pimpinan Konfederasi buruh ASEAN berharap langkah KSPSI bisa mengurangi beban kesulitan ekonomi buruh akibat pandemi COVID-19.

Baca juga: Tiga konfederasi buruh aktifkan Majelis Pekerja lawan Omnibus Law

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020