Survei Trans Data: Hadianto-Reny unggul pada Pilkada Kota Palu

Survei Trans Data: Hadianto-Reny unggul pada Pilkada Kota Palu

Tangkapan layar - Hasil survey Trans Data Company untuk Pilkada Kota Palu yang laksanakan 9 Desember mendatang. ANTARA/Muhammad Arsyandi.

Palu (ANTARA) - Lembaga survei Trans Data Consulting Company merilis hasil survei elektoral pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota Palu pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Palu 9 Desember 2020.

Hasil survei yang dilakukan periode 19-21 Oktober 2020 itu, paslon Hadianto Rasyid-Reny Lamadjido unggul dengan meraih 31,4 persen suara pemilih di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) tersebut.

"Disusul urutan kedua paslon yang juga petahana Wali Kota Palu Hidayat-Habsa Yanti Ponulele, urutan ketiga paslon Imelda Liliana-Arena JR Parampasi dan urutan keempat paslon Aristan-Wahtuddi," kata Direktur Trans Data Consulting Company Ikhsan Syarifuddin kepada sejumlah jurnalis, di kota Palu, Rabu.

Ia menyatakan pihaknya melakukan survei dengan sangat transparan dengan melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak di delapan kecamatan di kota Palu. Margin of eror survei tersebut kurang lebih 2 persen.

Baca juga: Cyrus Network: Angka popularitas paslon Pilkada Surabaya belum ideal

Baca juga: Survei: Pemilih rasional di Pilkada Sumbar capai 46,5 persen

"Kalau lembaga-lembaga survei lain maksimal hanya 800 responden. Silakan dicek. Sementara kami sampai 1.200 responden. Data tiap responden lengkap disertai foto dan alamat lengkapnya sehingga jika ragu bisa langsung datang dan menemui responden yang kami survei," ujarnya.

Dalam melakukan survei, lanjutnya, pihaknya bukan melibatkan relawan sebagai surveyor, tapi melibatkan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Palu. Tujuan pihaknya memilih mahasiswa untuk menjaga independensi hasil survei.

40 surveyor itu melakukan survei di seluruh kelurahan yang ada di delapan kecamatan. Pertanyaan yang diberikan kepada responden yaitu 'Seandainya Pilkada Kota Palu dilaksanakan hari ini, siapa yang akan bapak /ibu/saudara pilih sebagai pasangan wali kota dan wakil wali kota Palu?'

"1.200 respon itu tersebar di delapan kecamatan dengan rincian 230 orang di Kecamatan Multikulore, 170 orang di Palu Barat, 230 orang di Palu Selatan, 150 orang di Palu Timur, 75 orang di Palu Utara, 160 orang di Tatanga, 75 orang di Tawaeli dan 110 orang di Ulujadi," tutur-nya.

Baca juga: Perang survei warnai Pilkada Surabaya 2020

Baca juga: Survei SMRC: 97 persen warga Surabaya puas kinerja Risma

Pewarta : Muhammad Arshandi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020