SMAN Agam Cendekia peringkat pertama try out AKM nasional

SMAN Agam Cendekia peringkat pertama try out AKM nasional

Kepala SMAN Agam Cendekia Kabupaten Agam, Hernandar. ANTARA/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Agam Cendekia Kabupaten Agam, Sumatera Barat keluar sebagai peringkat pertama hasil try out atau uji coba asesmen kompetensi minimum (AKM) tingkat nasional tahun pelajaran 2020/2021.

Kepala SMAN Agam Cendekia Agam, Hernandar di Lubukbasung, Selasa, mengatakan ini prestasi yang sangat bagus diraih SMAN Agam Cendekia Agam di masa pandemi COVID-19.

"Nilai rata-rata anak kita lebih baik dari SMA di Pulau Jawa dan daerah lainnya. Untuk di Sumbar dan Agam kita juga peringkat pertama," katanya.

Untuk peringkat kedua, tambahnya diraih SMAN 1 Sumatera Barat Kota Padang Panjang, peringkat tiga MAS Darul Quran Kabupaten Gunung Kidul, peringkat empat MAN 1 Yogyakarta Kota Yogyakarta.

Baca juga: Mendikbud: asesmen kompetensi yang diukur sekolah bukan siswa

Try out SMAN Agam Cendekia Agam itu diikuti 104 siswa kelas 11 melalui daring pada 26-27 November 2020.

Materi yang diuji pada try out itu berupa kemampuan literasi membaca, literasi numerasi dan ditambah dengan survei karakter anak.

"Asesmen kompetensi minimum (AKM) ini merupakan pengganti ujian nasional (UN) dan kita berharap pada AKM nanti SMAN Agam Cendekia bisa mempertahankan peringkat ini," katanya.

Ia menambahkan, keberhasilan itu berkat metode pembelajaran yang dilakukan selama pandemi COVID-19 melanda daerah itu.

Baca juga: Kemendikbud tegaskan penggantian format UN bukan coba-coba

Metode itu berupa proses belajar mengajar secara dalam jaringan dengan memanfaatkan aplikasi googlemeet, mieroaoft365, ruang guru.com, zoommeeting, google classroom.

Selain itu, bimbingan individual berupa bahasa Inggris plus, matematika plus, fisika plus, biologi plus, kimia plus, geografi plus dan ekonomi plus.

"Bimbingan individual itu kita berikan bagi anak yang merasa kesulitan atau nilai yang kurang. Dengan aplikasi itu pertemuan dilakukan setiap hari," katanya.

SMAN Agam Cendekia pada tahun ini juga keluar peringkat enam di Sumbar dan peringkat 202 di nasional berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Baca juga: Mendikbud ganti ujian nasional dengan penilaian kompetensi
Pewarta : Altas Maulana
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020