masyarakat bisa dilayani tanpa harus antre
Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tebet, Jakarta Selatan melakukan inovasi layanan  berbasis digital untuk memudahkan masyarakat mendapatkan akses kesehatan di tengah-tengah pandemi COVID-19.

Dirketur RSUD Tebet, dr Nailah dalam gelar wicara memperingati Hari Kesehatan Nasional di Kantor Kecamatan Tebet, Kamis, mengatakan pihaknya berinovasi membuat anjungan pendaftaran mandiri agar pasien tidak menunggu lama.

Baca juga: Tanggulangi klaster Tebet dengan kolaborasi

"Layanan digital ini, selain pasien bisa dilayani tanpa antre, pasien juga bisa mengetahui seluruh layanan di rumah sakit melalui layar informasi layanan," kata Nailah.

Inovasi lainnya, lajut dia, RSUD Tebet memberikan layanan 'home care' atau layanan jasa perawatan yang bisa didatangkan ke rumah bagi pasien yang membutuhkan layanan kesehatan tetapi tidak dapat ke rumah sakit.

"Kami membentuk tim medis yang siap 24 jam untuk warga yang membutuhkan layanan kesehatan tetapi terkendala datang ke rumah sakit," katanya.

Baca juga: Tes cepat Polda Metro Jaya, dua warga Tebet reaktif

Menurut Nailah, layanan 'home care' ini dibuat ramah bagi masyarakat sebagai pasien, yang mana tarifnya sesuai dengan peraturan gubernur, yakni Pergub Nomor 143 Tahun 2018 tentang Tarif Layanan Pusat Kesehatan Masyarakat.

Tidak hanya berinovasi, RSUD Tebet juga meningkatkan layanan kesehatannya dengan menambah jumlah tepat tidur di ruangan perawatan intensif bagian NICU dan ICU.

"Saat ini RSUD Tebet sudah memiliki 75 tempat tidur dari sebelumnya baru 37 tempat tidur," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Jaksel ungkap terjadinya klaster Tebet

Selama masa pandemi, meski tidak ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan pasien COVID-19, RSUD Tebet fokus melayani masyarakat umum yang ada di wilayah Jakarta Selatan.

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020