TNI AD bangun Puslatpur di Kalimantan Utara

TNI AD bangun Puslatpur di Kalimantan Utara

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa saat memberikan keterangan usai melihat Latihan Antar Kecabangan (Latancab) TNI AD, di Puslatpur Kodiklatad, Baturaja, Kecamatan Martapura, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Kamis (26/11/2020). ANTARA/Syaiful Hakim.

OKU Timur (ANTARA) -
TNI Angkatan Darat akan membangun Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) baru di Kalimantan Utara mengingat intensitas latihan tempur prajurit di bawah komando Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa kian meningkat.
 
"Kami juga sudah mulai merintis daerah latihan baru yang lebih besar yang sudah kami rintis sejak awal tahun, di Kalimantan Utara," kata Kasad Andika Perkasa usai meninjau Latihan Antar Kecabangan TNI AD bersandi Kartika Yudha 2020 di Puslatpur Kodiklatad, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, Kamis.

Baca juga: Tingkatkan profesionalisme tempur prajurit, TNI AD gelar Latancab 2020
 
Mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) itu menyatakan, tidak kurang 240 ribu hektare lahan akan menjadi Puslatpur TNI AD di Kalimantan Utara.
 
Bahkan, luasan lahan itu bisa bertambah lagi sampai 320 ribu hektare. Angka itu jelas sangat besar, mengingat Puslatpur Kodiklatad di Baturaja, OKU Timur, Sumatera Selatan, tidak sampai 100 ribu hektare.

Baca juga: Puncak latihan tempur TNI AD libatkan 3.123 personel
 
"Ini memang sudah jadi yang terbesar," kata Andika.
 
Dengan lahan latihan tempur seluas itu, TNI AD sudah bisa melaksanakan latihan antar kecabangan yang melibatkan banyak alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Baca juga: Kasad Andika puas dengan hasil Latancab Kartika Yudha 2020
 
Khusus di Baturaja, Andika menyebut saat ini baru 12 ribu hektare lahan yang bisa dimaksimalkan dan diharapkan ke depan bisa sampai 25 hektare.
 
"Kami merencanakan untuk sampai dengan 25 ribu hektare," katanya.
 
Pewarta : Syaiful Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020