Enam titik itu yakni Jalan Inggit Garnasih, Jalan Caringin, Simpang Cibaduyut, Perempatan Buah Batu, Jalan Pagarsih, dan Jalan Sawah Kurung.
Bandung (ANTARA) -
Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung mencatat ada enam titik jalan raya yang digenangi banjir usai hujan deras melanda wilayah Kota Bandung pada pukul 14.00 WIB, Rabu.
 
Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Diskar PB Kota Bandung Dian Rudianto menyebut enam titik itu yakni Jalan Inggit Garnasih, Jalan Caringin, Simpang Cibaduyut, Perempatan Buah Batu, Jalan Pagarsih, dan Jalan Sawah Kurung.
 
"Terpantau terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai petir dan angin kencang yang mengakibatkan beberapa wilayah terdapat genangan air hujan," kata Dian di Bandung, Jawa Barat, Rabu.
 
Genangan banjir itu juga menyebabkan arus lalu lintas menjadi tersendat. Beberapa kendaraan pun ada nekat menerobos banjir setinggi betis orang dewasa.
 
Meski begitu, ia menyebut genangan banjir tersebut mulai surut usai hujan reda. Namun kepadatan arus lalu lintas masih nampak ada karena bertepatan dengan jam sibuk masyarakat pulang kerja.
 
Untuk itu, pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap genangan-genangan banjir tersebut dan juga melakukan koordinasi dengan dinas terkait
 
"Kami melakukan koordinasi komunikasi pemantauan dengan dinas-dinas teknis seperti DPU, DPKP3, Dishub, BBWS Citarum dan kewilayahan," kata dia.
 
Selain itu, ia juga mengimbau agar masyarakat tetap waspada mengingat musim hujan ini berpotensi meningkatkan debit air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.
 
"Di aliran Sungai Cikapundung Kota tinggi muka air sudah mencapai 150 centimeter. Data bisa berubah di saat kondisi cuaca curah hujan hujan tinggi dan suplay debit air di wilayah hulu sungai," demikian Dian Rudianto.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020