Bantul gencarkan gerakan belanja produk UMKM di pasar tradisional

Bantul gencarkan gerakan belanja produk UMKM di pasar tradisional

Penjabat Sementara Bupati Bantul Budi Wibowo berdialog dengan salah satu pedagang di sela gerakan belanja produk UMKM dan pengusaha kecil di Pasar Imogiri Bantul, DIY, Selasa (21/11/2020). ANTARA/Hery Sidik

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggencarkan gerakan belanja produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di pasar tradisional setempat sebagai upaya mengangkat perekonomian masyarakat.

"Kita kan ada gerakan belanja UMKM, karena dalam pemulihan ekonomi nasional, pemulihan ekonomi daerah di Bantul ini dengan memperhatikan UMKM. Oleh karena itu, kami beserta teman-teman berkunjung ke pasar ini untuk membeli produk-produk UMKM yang disajikan pengusaha kecil," kata Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Bantul Budi Wibowo di sela kunjungan ke Pasar Imogiri Bantul, DIY, Selasa.

Baca juga: Pemkab dorong UMKM manfaatkan banpres produktif untuk penguatan modal

Menurut dia, kunjungan bersama dengan instansi terkait di Pasar Imogiri yang merupakan pasar rakyat besar di Bantul tersebut, juga sebagai bentuk perhatian pemda kepada pelaku UMKM di tengah pandemi COVID-19, sehingga diharapkan ekonominya terangkat.

"Memang bantuan yang tepat menurut kami adalah dalam bentuk uang, agar mereka bisa memanfaatkan untuk peningkatan ekonomi, tidak dalam bentuk barang, saya kira itu," kata Budi.

Oleh karena itu, kata Pjs Bupati, nantinya juga ada gerakan dari jajaran aparatur sipil negara (ASN) pemda agar belanja produk-produk UMKM, apalagi dari segi kualitas tidak kalah dengan yang ada di pasar modern, bahkan dari segi harga juga lebih murah.

"Ini sudah kita konsep agar mereka (pemda) itu memperhatikan pasar-pasar tradisional, saya meyakini kalau pasar tradisional seperti di Imogiri ada beberapa tempat di DIY, masyarakat ekonomi bawah, pedagang kecil bisa bergerak dan tumbuh ekonominya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Bantul Sukrisna Dwi Susanto mengapresiasi Pjs Bupati atas kepedulian dan perhatian terhadap pengusaha kecil di pasar rakyat melalui gerakan belanja produk UMKM dan pedagang kecil.

"Ini memberikan motivasi yang luar biasa, tidak hanya bagi kami, tapi warga Bantul secara umum, dengan memberi contoh yang baik membeli produk di pasar rakyat, agar pasar bisa hidup, kemudian pasar tidak akan mati," katanya.

Apalagi, geliat perekonomian adalah barometer inflasi ada di pasar. "Bila masyarakat membeli artinya pedagang memperoleh pendapatan, dengan demikian maka harga-harga akan stabil," katanya.
 
Penjabat Sementara Bupati Bantul Budi Wibowo dan jajaran berkunjung ke Pasar Imogiri, DIY, untuk gerakan belanja produk UMKM dan pengusaha kecil di pasar tradisional setempat, Selasa (24/11/2020). ANTARA/Hery Sidik
Pewarta : Hery Sidik
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020