Jakarta (ANTARA) - Tim pabrikan Yamaha pada Jumat mengonfirmasi bahwa Cal Crutchlow akan mengemban tugas sebagai test rider, menggantikan juara dunia lima kali Jorge Lorenzo, mulai musim MotoGP 2021.

Pebalap berusia 35 asal Inggris itu akan habis masa kontraknya sebagai pebalap tim LCR Honda akhir tahun ini dan bakal digantikan Alex Marquez di tim satelit Honda tersebut.

Crutchlow juga memastikan diri bersedia menjadi  pebalap pengganti jika para pebalap Yamaha harus absen dari balapan karena sakit atau cedera.

Setelah lulus secara mengesankan dari kejuaraan dunia Superbike, Crutchlow menjalani debut MotoGP bersama Yamaha Tech3 pada 2011 sebelum pindah ke Ducati pada 2014.

Baca juga: Nakagami tercepat di Valencia, duet Yamaha tempel ketat

Mulai sesi shakedown yang dijadwalkan di Sepang, Malaysia, dari Februari 14-16, Crutchlow bakal menunggangi motor Yamaha YZR-M1.

"Kayanya pengalaman, digabungkan dengan pendekatan Cal yang jujur tanpa omong kosong, tentunya akan sangat menguntungkan kami karena di saat kami berjuang untuk meningkatkan motor YZR-M1 dengan progam pengujian penuh tahun depan," demikian pernyataan resmi managing director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis seperti dikutip Reuters.

Lorenzo, yang ambil bagian hanya dalam dua sesi tes bersama Yamaha musim ini, keduanya menggunakan mesin tahun lalu, diberitakan dekat dengan Aprilia untuk mengisi peran test rider.

Sementara itu, juara dunia sembilan kali Valentino Rossi akan bertukar bangku dengan pebalap tim Petronas Yamaha Fabio Quartararo yang akan menjadi tandem Maverick Vinales musim depan.

Baca juga: Di GP Valencia, fokus Vinales kali ini bukan ke perebutan gelar MotoGP

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020