Jakarta (ANTARA) - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri melimpahkan berkas tahap I perkara kebakaran Gedung Utama Kejaksaan Agung ke jaksa peneliti.

Dalam tahap I ini, penyidik merampungkan berkas para tersangka buruh bangunan.

Bareskrim Polri telah menetapkan lima kuli bangunan dan satu mandor sebagai tersangka kasus ini. Mereka adalah S, H, T dan K yang merupakan tukang bangunan. Kemudian IS selaku tukang wallpaper dan UAM selaku mandor.

"Pengiriman berkas perkara tahap I kelompok pekerja," kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Ferdy Sambo di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Bareskrim: Berkas tersangka Soenarko dilimpahkan tahap I ke Kejagung

Baca juga: Bareskrim periksa konsultan perencana pengadaan ACP terkait kebakaran


Setelah berkas dilimpahkan, selanjutnya penyidik Bareskrim Polri akan berkoordinasi dengan jaksa peneliti terkait dengan kelengkapan berkas perkara tersebut.

"Koordinasi dengan jaksa peneliti," tutur Sambo.

Dalam kasus kebakaran Gedung Utama Kejaksaan Agung, penyidik Polri telah menetapkan delapan orang menjadi tersangka dengan inisial S, H, T, K, IS, UAM, RS dan NH.

Tersangka S, H, T dan K adalah tukang bangunan, IS adalah tukang wallpaper, UAM merupakan mandor. Sementara RS adalah Direktur PT APM yang memproduksi cairan pembersih Top Cleaner. Terakhir, tersangka NH sebagai Kasubbag Sarpras dan pejabat pembuat komitmen (PPK) Kejaksaan Agung.

Para tersangka dikenakan Pasal 188 KUHP juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP. Mereka terancam hukuman hingga lima tahun penjara.

Penyebab terjadinya kebakaran karena lima orang tukang telah lalai merokok di ruang Aula Biro Kepegawaian lantai 6 Gedung Utama Kejaksaan Agung. Saat itu, mereka sedang memperbaiki ruangan tapi sambil merokok padahal ada bahan-bahan yang mudah terbakar seperti lem, tinner, kertas, karpet dan lainnya.

Baca juga: Bareskrim periksa kembali peminjam nama PT APM sebagai saksi kebakaran

Baca juga: Bareskrim kembali periksa dirut perusahaan "cleaning service" PT APM

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2020