Kami mengoptimalkan layanan digital agar layanan kepelabuhanan tetap berjalan dengan lancar
Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 mengembangkan layanan digital di terminal yang dikelolanya untuk mengoptimalkan kinerja serta kenyamanan penumpang.

"Kami mengoptimalkan layanan digital agar layanan kepelabuhanan tetap berjalan dengan lancar," kata Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo 1 Prasetyo dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Baca juga: DJP sepakati integrasi data pajak dengan tiga operator pelabuhan

Ia menambahkan pengembangan layanan digital juga seiring datangnya era industri 4.0 dan adanya pandemi COVID-19 yang membuat orang menghindari kontak langsung guna memutus rantai penyebaran virus.

Pelindo 1, lanjut dia, merupakan pionir dan salah satu yang paling agresif dalam penerapan IoT (internet of things) serta digitalisasi pelayanan di terminal penumpang.

Prasetyo mengatakan sejumlah inovasi digital telah dikembangkan Pelindo 1, antara lain E-Pass dan E-Berthing yang mulai diterapkan pada tahun 2018 dan layanan E-Ticketing yang diterapkan sejak 2019.

Ketiga layanan tersebut telah diberlakukan di terminal penumpang Sri Bintan Pura, Tanjungpinang, dan merupakan layanan transaksi non tunai pertama untuk layanan kepelabuhanan di Indonesia.

"Tahun ini, layanan E-Pass mulai dikembangkan di Terminal Penumpang Tanjung Balai Karimun dan Dumai. Penerapan E-Pass nantinya akan mempermudah penumpang karena Pelindo 1 telah bekolaborasi dengan beberapa bank penerbit kartu elektronik. Pelindo 1 bekerja sama dengan sejumlah bank penerbit kartu elektronik guna mendorong masyarakat dalam memanfaatkan transaksi nontunai di pelabuhan ini," kata Prasetyo.

Pelindo 1, lanjut dia, bekerja sama dengan perbankan BUMN, yakni: Bank Mandiri, BRI, dan BNI serta perbankan swasta seperti BCA untuk penerapan sistem transaksi nontunai.

Asisten Direktur Bank Indonesia Kepulauan Riau Mualam Noor mengapresiasi sistem yang diterapkan di Terminal Penumpang Sri Bintan Pura karena turut mendukung pemerintah mensukseskan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

"Sistem pembayarannya sudah terintegrasi dengan sistem yang dimiliki Bank Indonesia sehingga transaksi yang dilakukan penumpang dan pelayaran dijamin keamanannya. Layanan digital ini memberikan kemudahan bagi para penumpang dan pelayaran sekaligus mengurangi kontak langsung bertatap muka di masa pandemi COVID-19," katanya.

Dipaparkan, E-berthing merupakan sistem online yang disiapkan untuk memudahkan pengguna jasa dalam meminta pelayanan tambatan kapal menggunakan sistem online serta penagihan biaya tambatan kapal.

E-Pass merupakan sistem pembayaran pas masuk penumpang di pelabuhan secara non tunai. Dan E-Ticketing merupakan sistem pemesanan tiket kapal penyeberangan antarpulau.

Baca juga: Pelindo Dumai resmi layani petikemas internasional
Baca juga: Pelindo-1 perkuat sistim digital di pandemi COVID-19

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020