London (ANTARA) - Lebih dari 300.000 orang telah meninggal karena COVID-19 di seluruh Eropa, menurut penghitungan Reuters pada  Selasa, dan pihak berwenang khawatir bahwa kematian dan infeksi akan terus meningkat saat kawasan itu menuju musim dingin meskipun ada harapan untuk vaksin baru.

Dengan hanya 10 persen dari populasi dunia, Eropa menyumbang hampir seperempat dari 1,2 juta kematian secara global, dan bahkan rumah sakit yang dilengkapi dengan baik merasakan tekanan.

Setelah mencapai ukuran pengendalian atas pandemi dengan penguncian luas awal tahun ini, jumlah kasus telah melonjak sejak musim panas dan pemerintah telah memerintahkan serangkaian pembatasan kedua untuk membatasi kontak sosial.

Secara keseluruhan, Eropa telah melaporkan sekitar 12,8 juta kasus dan sekitar 300.114 kematian. Selama seminggu terakhir, telah terjadi 280.000 kasus sehari, naik 10 persen dari minggu sebelumnya, mewakili lebih dari setengah dari semua infeksi baru yang dilaporkan secara global.

Harapan muncul oleh pengumuman Pfizer Inc tentang vaksin baru yang berpotensi efektif, tetapi diperkirakan tidak akan tersedia secara umum sebelum 2021 dan sistem kesehatan harus mengatasi COVID-19 selama berbulan-bulan saat musim dingin tanpa bantuan.

Inggris, yang telah memberlakukan penguncian baru di Inggris, memiliki angka kematian tertinggi di Eropa sekitar 49.000, dan pakar kesehatan telah memperingatkan bahwa dengan rata-rata saat ini lebih dari 20.000 kasus setiap hari, negara itu akan melampaui skenario "kasus terburuk" nya yaitu 80.000 kematian.

Prancis, Spanyol, Italia, dan Rusia juga telah melaporkan ratusan kematian setiap hari dan bersama-sama, kelima negara tersebut menyumbang hampir tiga perempat dari total kematian.

Sudah menghadapi prospek kehilangan pekerjaan dan kegagalan bisnis, pemerintah di seluruh wilayah itu telah dipaksa untuk memerintahkan langkah-langkah pengendalian termasuk jam malam lokal, penutupan toko yang tidak penting, dan membatasi pergerakan.

Prancis, negara yang paling parah terkena dampak di Uni Eropa, telah mencatat lebih dari 48.700 infeksi per hari selama seminggu terakhir dan otoritas kesehatan kawasan Paris mengatakan pekan lalu bahwa 92 persen dari kapasitas ICU-nya telah terisi.

Menghadapi tekanan serupa, rumah sakit Belgia dan Belanda terpaksa mengirim beberapa pasien yang sakit parah ke Jerman.

Di Italia, yang menjadi simbol global krisis ketika truk tentara digunakan untuk mengangkut jenazah selama bulan-bulan awal pandemi, rata-rata kasus baru setiap hari mencapai puncaknya di lebih dari 32.500. Kematian telah meningkat lebih dari 320 per hari selama tiga minggu terakhir.

Sementara vaksin baru yang sedang dikembangkan oleh Pfizer dan mitra Jerman BioNTech akan membutuhkan waktu untuk tiba, pihak berwenang berharap bahwa setelah musim dingin berlalu, ini akan membendung wabah lebih lanjut tahun depan.

Analis Citi Private Bank menggambarkan berita tersebut sebagai "kemajuan besar pertama menuju ekonomi dunia pasca-COVID-19".

"Lebih dari paket pengeluaran fiskal atau program pinjaman bank sentral, solusi perawatan kesehatan untuk COVID memiliki potensi terbesar untuk memulihkan aktivitas ekonomi ke potensi penuhnya ..." katanya dalam sebuah catatan.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen pada Senin mengatakan Uni Eropa akan segera menandatangani kontrak untuk 300 juta dosis vaksin, hanya beberapa jam setelah pembuat obat tersebut mengumumkan uji coba tahap akhir yang menjanjikan.

Namun para ahli kesehatan memperingatkan bahwa vaksin itu, jika disetujui, bukanlah peluru perak - paling tidak karena materi genetik yang membuatnya perlu disimpan pada suhu minus 70 derajat Celcius (-94 F) atau di bawahnya.

Persyaratan tersebut menjadi tantangan bagi negara-negara di Asia, serta Afrika dan Amerika Latin, di mana panas yang hebat sering kali diperparah oleh infrastruktur yang buruk.

Baca juga: EU desak WHO lebih transparan dalam penanganan pandemi
Baca juga: Prancis dan Jerman kembali 'lockdown' karena COVID-19
Baca juga: Kasus COVID-19 harian Eropa berlipat ganda dalam 10 hari

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2020