Melalui ajang Gebyar Dakwah ini bukan hanya fakultasnya saja yang maju tetapi mahasiswanya diharapkan juga bisa jadi lokomotif perubahan
Jambi (ANTARA) - Wakil Dekan (Wadek) Fakultas Dakwah Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin (UIN STS) Jambi  Arfan Aziz, SThI, MSoc.Sc, PhD menyatakan bahwa kegiatan Gebyar Dakwah yang digelar universitas itu diharapkan bisa membentuk karakter mahasiswanya untuk menjadi lokomotif perubahan sosial yang unggul dan berakhlakul karimah.

"Acara Gebyar Dakwah ini pertama kali diusulkan oleh Pak Dekan Fakultas Dakwah, dan Alhamdulillah sudah banyak peminatnya," katanya di Jambi, Selasa.

Ia menjelaskan untuk tema pada tahun 2020 ini yaitu "Sarana Membentuk Mahasiswa Lokomotif Perubahan Sosial yang Unggul dan Berakhlakul Karimah".

Acara tersebut, kata dia, dilaksanakan setahun sekali dan sudah berjalan tahun kedua sejak 2019.

Untuk yang pertama kali, pada Gebyar Dakwah 2020 diadakan berbagai lomba, seperti MC, ceramah dan karya tulis ilmiah. Adapun pesertanya yaitu dari mahasiswa UIN STS Jambi, dimana setiap fakultas bisa mendaftarkan mahasiswanya sebanyak minimal tiga orang dalam satu perlombaan.

"Untuk daftar sebagai peserta lomba juga sangat mudah, seperti ada surat pengantar dari fakultas masing-masing, kartu tanda mahasiswa (KTM) dan tidak dipungut biaya, dan lomba ini diadakan selama dua hari" kata Ketua Jurusan Fakultas Dakwah UIN STS Drs Sururuddin, M.Pd

Ia menjelaskan sudah ada 50 orang mahasiswa yang mendaftar dan sejauh ini baru Fakuktas Dakwah yang mengadakan Gebyar Dakwah itu.

Melalui ajang Gebyar Dakwah ini, kata dia, bukan hanya fakultasnya saja yang maju tetapi mahasiswanya diharapkan juga bisa jadi lokomotif perubahan.

Selain itu, ke depan pihaknya juga ingin mengadakan pelatihan dakwah se-UIN STS Jambi dan yang dikembangkan yaitu seputar perkembangan cara berceramah, puisi, seni hadroh dan debat bahasa.

Gebyar Dakwah di masa pandemi ini juga masih tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti menyediakan cuci tangan air mengalir masker dan juga menjaga jarak, demikian Sururuddin.

Baca juga: UIN Jambi jalin MoU dengan LIPI tingkatkan penelitian dan riset

Baca juga: Rektor UIN Jambi tingkatkan jumlah mahasiswa asing

Baca juga: Ekspedisi Mapala UIN Jambi sukses perdana mendaki Gunung Talamau

Baca juga: Pertama kali, UIN-STS Jambi seleksi mahasiswa baru ke Afrika


 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020