Yang mendonorkan plasma di PMI Kabupaten Cirebon ada 11 orang penyintas COVID-19
Cirebon (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menerima 11 penyintas COVID-19 yang mendonorkan plasma darahnya yang menunjukkan adanya respons positif dari para pendonor.

"Yang sudah mendonorkan plasma di PMI Kabupaten Cirebon ada 11 orang penyintas COVID-19," kata Ketua Umum PMI Kabupaten Cirebon Sri Heviyana di Cirebon, Jumat.

Sri mengatakan respons para penyintas COVID-19 di Kabupaten Cirebon, untuk melakukan donor plasma memang cukup tinggi.

Baca juga: 15 anggota TNI dan 22 warga sipil lakukan donor plasma konvalesen

Namun lanjut Sri, untuk donor plasma tidak sembarangan, karena semua harus masuk persyaratan yang telah ditentukan.

Bahkan dari puluhan orang penyintas COVID-19 mendaftar, hanya ada 11 yang diterima dan memenuhi persyaratan sebagai pendonor.

"Memang yang mendaftar sudah banyak dan ini responsnya positif setelah pertama kali mengadakan sosialisasi siap menerima donor plasma," ujarnya.

Baca juga: Kasad beri arahan RSPAD terus gelar donor plasma konvalesen lanjutan

Baca juga: PMI: 200 pasien telah jalani terapi plasma konvalesen


Menurut dia, dari 11 penyintas COVID-19 yang mendonorkan plasma darahnya, semua didistribusikan ke RSUD Waled dan juga RS Mitra Plumbon untuk para pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang mengalami gejala berat.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni mengatakan pada Jumat (6/11) pihaknya mengantarkan anaknya yang sudah sembuh dari COVID-19 untuk mendonorkan plasma darahnya.

"Secara pribadi saya mengantar anak untuk mendonorkan plasma, setelah sempat terkonfirmasi positif dan dinyatakan sembuh," katanya.

Baca juga: Kasad: 32 perwira ikuti donor plasma darah lanjutan

Baca juga: PMI utamakan laki-laki sebagai pendonor plasma konvalesen



 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020