Kuala Lumpur (ANTARA) - Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan pandangannya tentang peristiwa di Perancis yang ditulis dalam blognya disalahtafsirkan atau keluar dari konteks yang sebenarnya.

"Saya benar-benar muak dengan upaya yang salah dalam menggambarkan dan mengambil keluar dari konteks apa yang saya tulis di blog saya kemarin," kata Mahathir melalui blog-nya di Kuala Lumpur, Jumat.

Dia mengatakan mereka yang salah tafsir hanya menyoroti satu bagian dari paragraf 12 yang berbunyi, "Muslim berhak untuk marah dan membunuh jutaan orang Prancis untuk pembantaian di masa lalu."

"Mereka berhenti di sana dan menyiratkan bahwa saya sedang mempromosikan pembantaian Prancis." katanya.

Jika mereka, kata Mahathir, membaca unggahan tersebut secara keseluruhan dan terutama kalimat berikutnya yang berbunyi, "Tetapi pada umumnya kaum Muslimin belum menerapkan hukum mata ganti mata". Muslim tidak. Orang Prancis tidak boleh".

Sebaliknya, ujar Mahatir, orang Prancis harus mengajari rakyatnya untuk menghargai perasaan orang lain.

"Karena perputaran dan keluar dari konteks oleh orang-orang yang mengambil postingan saya, laporan dibuat terhadap saya dan saya dituduh mempromosikan kekerasan dan lain-lain di Facebook dan Twitter," katanya.

Facebook dan Twitter kemudian meminta kepada administrator akun Facebook dan Twitter untuk menghapus unggahan tersebut meskipun Mahathir berupaya menjelaskan konteks tulisannya. Namun, unggahan mantan perdana menteri tersebut sudah dihapus.

"Tidak ada yang dapat saya lakukan dengan keputusan FB dan Twitter untuk menghapus posting saya. Menurut saya, karena mereka adalah penyedia kebebasan berbicara, setidaknya mereka harus mengizinkan saya untuk menjelaskan dan mempertahankan posisi saya," katanya.

Namun, ujarnya, itulah kebebasan berbicara bagi mereka. Di satu sisi, mereka membela orang-orang yang memilih untuk menampilkan karikatur Nabi Muhammad S.A.W. dan berharap semua Muslim menelannya atas nama kebebasan berbicara dan berekspresi.

"Di sisi lain, mereka dengan sengaja menghapus (bagian pernyataan, red) bahwa Muslim tidak pernah membalas dendam atas ketidakadilan terhadap mereka di masa lalu," kata Mahathir.

"Bahkan seruan saya bahwa orang Prancis harus menjelaskan perlunya menasehati rakyatnya agar peka dan menghormati kepercayaan orang lain pun diabaikan," katanya lagi. 

Apa yang dipromosikan oleh reaksi terhadap artikel dirinya, ujar Mahathir, adalah untuk membangkitkan kebencian Prancis terhadap Muslim.


Baca juga: Indonesia desak Prancis agar tidak hubungkan Islam dan aksi teror

Baca juga: Prancis berlakukan status keamanan tertinggi setelah serangan di Nice


Baca juga: Mahathir usul mosi tidak percaya ke PM via blog
​​​​​​​

 

Mahathir ajak Indonesia lawan kampanye negatif kelapa sawit

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2020