Mamuju (ANTARA News) - Tim medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mamuju, Sulawesi Barat menangani "penyakit aneh" Edi (14 bulan) yang kepalanya dikerumuni ratusan belatung.

Dr. Nadiyah yang ditemui di RSUD Mamuju, Senin, mengatakan, Edi menderita bisul di kepala sehingga ada puluhan belatung di sekitar lukanya.

"Telah kami tangani setelah dirujuk ke RSUD ini," katanya. Edi tinggal bersama orang tuanya di Kelurahan Binanga, Kabupupaten Mamuju.

Ia mengatakan, korban akan dirawat intensif untuk mengeluarkan belatung-belatung yang mulai menggerogoti kepalanya.

"Penyakitnya menyerupai kasus yang menimpa Ummi, penderita penyakit TBC kelenjar yang juga ditumbuhi belatung," kata Nadiyah.

Nadiyah menjelaskan, penyakit yang diderita Edi bisa disembuhkan di RSUD Mamuju karena telah memiliki dokter spesial ahli penyakit dalam.

"Kami tetap optimistis bisa menyembuhkan pasien itu dengan baik dan tak perlu lagi dirujuk ke RSUD Wahidin Sudirohusodo di kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) karena di Mamuju sendiri telah memiliki dokter ahli," ucapnya.

Wati, ibu kandung Edi mengatakan, putra bungsunya sudah sekitar sebulan menderita bisul di kepala. Sebelumnya Edi hanya luka bisul biasa namun tidak mendapat perawatan medis secara intensif karena kurangnya biaya.

"Luka Edi tidak pernah diobati sehingga semakin parah, lalu kemudian luka bisulnya berulat," katanya.Ia mengatakan kepala Edi sejak satu pekan lalu berulat.(KR-ACO/F003)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010