11 tokoh dan instansi raih penghargaan Jakarta Youth Award 2020

11 tokoh dan instansi raih penghargaan Jakarta Youth Award 2020

Dirut PT. Jaktour Novita Dewi saat menerima penghargaan 'Jakarta Youth Award 2020', di kawasan Cipinang, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (28/10/2020). (istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Koalisi Masyarakat Sipil Untuk Pemuda Jakarta memberikan penghargaan ‘Jakarta Youth Award 2020’ kepada 11 tokoh dan instansi/lembaga publik yang ada di DKI Jakarta dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92,

"Anugerah Jakarta Youth Award ini sudah digelar sejak 2010 silam. Sebanyak sebelas tokoh dan instansi menerima penghargaan pada tahun ini," kata Ketua Tim Seleksi Jakarta Youth Award 2019 Ahmad Sulhy di Cipinang, Pulo Gadung, Rabu.

Kesebelas tokoh dan instansi yang menerima penghargaan tersebut adalah Bayu Meghantara (Walikota Administrasi Jakarta Pusat); Laksma TNI (Purn) Djamhuron P Wibowo (Ketua Umum KONI DKI Jakarta); Haris Pertama (Ketua Umum DPP KNPI); Habiburokhman (Anggota Komisi III DPRRI Fraksi Gerindra); Ikatan Dokter Indonesia (IDI); dan Juaini Yusuf (Kepala Dinas Sumberdaya Air Provinsi DKI Jakarta).

Baca juga: Food Station raih enam penghargaan BUMD Marketeers Awards 2020

Kemudian, ada Novita Dewi (Dirut PT. Jaktour); Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI); Rustam Efendi (Ketua PMI DKI Jakarta); Wibi Andrino (Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD DKI Jakarta); dan Widyastuti (Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta).

"Mereka mendapatkan penghargaan ini karena dinilai berkontribusi besar terhadap pembangunan dan kemajuan DKI Jakarta sesuai bidang yang ditekuni," ujar dia.

Lebih lanjut, Sulhi menjelaskan dalam pengahargaan ini pihaknya menggunakan beberapa indikator penilaian, di antaranya meliputi komitmen terhadap profesi yang digeluti, konsisten dalam membangun Jakarta sesuai dengan bidang keahliannya serta konsekuen memegang amanah dengan penuh tanggung jawab dalam pekerjaan/profesinya.

Baca juga: PPD raih penghargaan Anugerah BUMN 2020

"Kemudian mereka juga memiliki peran sentral didalam menguatkan semangat kebangsaan dan menguatkan persatuan dalam membangun DKI Jakarta. Kami menggunakan alat ukur meliputi, survei secara langsung dengan warga dan aktivis, review data (jejak digital) termasuk pemberitaan positif, serta focus group discussion," tutur Sulhy.

Dia menyebutkan bahwa sebelas nama penerima penghargaan Jakarta Youth Award 2020 tersebut, merupakan hasil seleksi dari 65 tokoh dan instansi dan lembaga nominator.

"Pertama ada 65 tokoh atau instansi yang menjadi usulan masyarakat, kemudian kami tetapkan 11 tokoh yang berhak menerima Jakarta Youth Award 2020," ucapnya.

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta raih penghargaan BNN RI pada perayaan HANI 2020

Proses seleksi, kata dia, dilakukan dengan cara melakukan kajian dan verifikasi selama empat bulan terakhir terhitung sejak bulan Juli-Oktober 2020 lalu.

Dijelaskan Sulhy, melalui penghargaan ini, pihaknya ingin memberikan sebuah apresiasi kepada para tokoh dan lembaga yang memiliki peran penting dalam menguatkan semangat kebangsaan dan menguatkan persatuan serta memiliki keteguhan, dedikasi dan loyalitas dalam pekerjaan/profesinya dalam upanyanya membangun Ibu Kota.

"Kami juga berharap, ini sekaligus menjadi inspirasi dalam membangun motivasi para pemuda di Jakarta. Apalagi, pada tahun 2020 ini di masa Pandemi COVID-19 tokoh dan lembaga yang kami berikan anugerah memiliki peran yang penting dan tetap berkarya untuk membangun Jakarta serta terus mengabdi kepada kepentingan masyarakat," kata Sulhy.

Salah satu pemenang Jakarta Youth Award pada 2012 lalu, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan testimoninya dalam kesempatan itu melalui video yang mengungkapkan apresiasinya pada ajang yang telah memberikan penghargaan untuk anggota masyarakat yang berperan aktif atau berkontribusi membangun Jakarta serta menginspirasi para pemuda Jakarta.

"Saya bersyukur dan terima kasih telah mendapatkan pada tahun 2012. Jakarta Youth Award telah menyebarkan keteladanan dan menginspirasi banyak orang untuk memajukan kota ini lewat berbagai bidang pengabdian," ucap Riza.

Diketahui, sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil Untuk Pemuda Jakarta menginisiasi anugerah Jakarta Youth Award 2020 ini, seperti Himpunan Masyarakat untuk Kemanusiaan dan Keadilan (HUMANIKA Jakarta), Koalisi Perkotaan Jakarta (Jakarta Urban Coalition), Jakarta Public Service (JPS), Komunitas Peduli Pendidikan Jakarta (KPPJ), Jakarta Monitoring Networking (JMN), Masyarakat Pemantau Olahraga Jakarta (MPOJ), Lembaga Pengembangan Peran Serta Masyarakat (LP2SM) dan Lembaga Pemantau Jakarta (LPJ).
Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020