Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Pembuang sampah di Kalimalang Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang videonya beredar luas di media sosial akhirnya mendatangi Mapolres Metro Bekasi untuk menyerahkan diri.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan membenarkan pelaku pembuang sampah di Kalimalang itu telah menyerahkan diri guna memberikan keterangan kepada petugas.

"Saat ini masih diinterogasi dulu oleh petugas, bukan diperiksa ya tapi interogasi. Dari keterangan awal, ia mengaku kalau sampah yang dibuang adalah sampah rumah tangga, bukan limbah," kata Hendra di Cikarang, Kamis.

Baca juga: Viral, pengendara mobil buang karung sampah ke Kalimalang Bekasi

Hendra mengaku perbuatan pelaku dapat dikatagorikan tindak pidana ringan meski sampah yang dibuang bukanlah limbah berbahan berbahaya atau beracun hanya saja penegakan hukumnya berada di ranah pemerintah daerah.

"Nanti untuk tindaklanjutnya itu ranahnya pemerintah daerah karena perbuatan pelaku melanggar peraturan daerah," ucapnya.

Pihaknya meminta petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bekasi untuk datang ke Mapolres Metro Bekasi guna menindaklanjuti pelanggaran yang dimaksud.

Baca juga: Aksi buang sampah sembarangan terekam CCTV di Palmerah

"Makanya saya minta dari Satpol PP datang ke kantor saya karena di situ ada tipiring dan itu domainnya Satpol PP selaku penegak peraturan daerah," ungkapnya.

Hendra mengimbau segenap warga untuk tidak meniru perilaku pelaku yang membuang sampah tidak pada tempatnya sekaligus mendukung upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan Bekasi Bersih.

"Semoga dengan temuan kasus ini bisa membuat pelaku jera dan jadi pelajaran bagi yang lain agar tidak membuang sampah sembarangan," katanya.

Baca juga: Sopir angkot diamankan karena buang sampah ke Sungai Musi

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020