operasionalnya juga menggunakan standar protokol kesehatan COVID-19
Banyuwangi (ANTARA) - Kementerian Perhubungan bersama dengan Perum Damri menyediakan layanan angkutan wisata gratis ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

General Manager Damri Banyuwangi Resta Mahardika dalam keterangannya di Banyuwangi, Kamis mengatakan wisatawan yang berkunjung ke daerah itu dipermudah dengan layanan angkutan gratis, seperti ke objek wisata rute Taman Nasional Alas Purwo, Pantai Pulau Merah, Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran di Situbondo.

"Kami mendapatkan perintah dari Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub untuk program pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi COVID-19. Damri diminta menyediakan armada angkutan gratis bagi wisatawan pada kawasan strategis pariwisata nasional di Banyuwangi," ujarnya.

Menurut dia, program ini sudah berjalan sejak 15 Oktober 2020 dan akan berlanjut hingga akhir Tahun 2020. Untuk menjalankan program ini, Damri menyiapkan delapan armada, terdiri dari empat unit medium bus, masing-masing berkapasitas 20 orang dan empat unit jenis Hiace berkapasitas 14 orang per armada.

"Layanan ini setiap hari ada dan gratis. Penumpang tidak dikenakan biaya apapun, operasionalnya juga menggunakan standar protokol kesehatan COVID-19," ujar Resta.

Ia menjelaskan petugas maupun penumpang wajib dicek suhu tubuhnya dan mengenakan masker, menjaga jarak dan rutin menggunakan cairan pembersih tangan.

Secara teknis, Resta menambahkan, angkutan wisata gratis ini diberangkatkan dari halaman parkir Taman Sritanjung menuju empat objek wisata, yakni Taman Nasional Alas Purwo, Pantai Pulau Merah, Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran.

"Penumpang silakan mendaftar ke petugas, saat ini kami tengah menyiapkan aplikasi pendaftaran secara daring. Ke depan penumpang cukup mendaftar lewat Damri Apps, untuk menyesuaikan jadwal dan kuota yang ada," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi MY Bramuda menyambut baik program Kemenhub itu, dengan harapan layanan ini bisa mendorong geliat ekonomi lewat sektor pariwisata daerah.

Menurut Bramuda, program ini akan melengkapi program Dinas Perhubungan Banyuwangi yang juga menyediakan angkutan gratis ke sejumlah lokasi wisata. Program yang telah berjalan tiga tahun terakhir, menyediakan layanan ke empat rute, yakni Pulau Merah, Bangsring Underwater, City Tour dan Kawah Ijen.

"Kami senang karena dengan tambahan angkutan ini semakin banyak wisatawan yang bakal mendapatkan fasilitas transportasi dengan mudah," tuturnya.

Berikut jadwal layanan angkutan gratis rute wisata Banyuwangi, Kawah Ijen berangkat pukul 09:00 WIB, 15:00 WIB, 21:30 WIB, dan pulang pukul 09:00 WIB, 15:00 WIB, 21:30 WIB.

Rute Baluran berangkat 07:30 WIB, 12:00 WIB, 15:00 WIB dan pulang 09:00 WIB, 11:00 WIB, 17:00 WIB. Rute Taman Nasional Alas Purwo, berangkat pukul 07:00 WIB, 08:30 WIB, pulang 14:30 WIB, 15:30 WIB.

Rute selanjutnya ke Pulau Merah ada dua kali keberangkatan, pukul 09:00 WIB dan 11:00 WIB, pulang pukul 15:00 WIB dan 17:00 WIB.

Baca juga: Banyuwangi dorong geliat pariwisata dengan transaksi digital
Baca juga: Luhut prediksi Banyuwangi-Bromo banyak dikunjungi saat normal baru
Baca juga: Kawah Ijen kembali dibuka untuk wisatawan mulai hari ini

 

Pewarta: Masuki M. Astro/Novi Husdinariyanto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020