pemberian vaksin akan dilakukan pada November dan Desember 2020
Depok (ANTARA) - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, menggelar simulasi pemberian vaksin COVID-19 di Puskesmas Tapos pada Kamis ini yang akan dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Pejabat sementara Wali Kota Depok Dedi Supandi di Depok, Kamis, mengatakan simulasi dilakukan sesuai prosedur operasional standar (SOP) apabila vaksin itu telah ada.

Saat ini, katanya, pihaknya belum menerima vaksin COVID-19 yang akan diberikan untuk warga Kota Depok. Tetapi jika vaksinnya sudah ada maka warga bisa mendapatkan di puskesmas di seluruh wilayah Kota Depok.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Depok bertambah 113 orang

Dalam simulasi vaksin tersebut, terlebih dahulu ada penjelasan tentang vaksinasi dari ahli vaksin Universitas Indonesia (UI) dan persiapan serta strategi vaksinasi di Jawa Barat.

Sementara itu Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan pemberian vaksin akan dilakukan pada November dan Desember 2020.

Baca juga: 10 dari 11 kecamatan di Depok sudah masuk zona oranye

Pemerintah Kota Depok akan memberikan vaksin COVID-19 kepada 290 ribu warga Depok dengan prioritas tenaga kesehatan dan petugas layanan publik.

Ia menjelaskan total yang divaksin 60 persen dari jumlah penduduk Depok, jadi sekitar 1,4 juta jiwa. Untuk tahap awal itu 20 persennya dulu. Jadi sekitar 290 ribu orang yang akan divaksin.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Depok bertambah jadi 4.824 orang

Pemberian vaksin sasaran 60 persen dari total warga, tapi prioritas utama 20 persen warga terlebih dahulu. Berdasarkan keputusan dari Kemenkes, penerima vaksin adalah petugas  pelayanan kesehatan dan pelayanan publik dengan rentang usia 18-59 tahun.

Setelah 20 persen warga Depok divaksin, 40 persen warga lainnya akan menunggu keputusan dari Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Pusat.

Baca juga: Persentase kesembuhan pasien COVID-19 di Depok mencapai 70,74 persen

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020