Stroll ungkap dirinya sempat positif COVID-19 setelah GP Eifel

Stroll ungkap dirinya sempat positif COVID-19 setelah GP Eifel

Pebalap tim Racing Point Lance mengenakan masker untuk melindungi wajahnya menjelang balapan Formula 1 Grand Prix Eiffel. REUTERS/Wolfgang Rattay (REUTERS/WOLFGANG RATTAY)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Racing Point Lance Stroll pada Rabu mengungkapkan ternyata dia mendapati hasil tes positif COVID-19 setelah Grand Prix Eifel pada 11 Oktober namun telah terbebas dari penyakit tersebut dan siap turun di Portugal akhir pekan ini.

Pebalap Kanada itu melewatkan balapan di Sirkuit Nurburgring, Jerman, setelah merasa tidak enak badan dan digantikan oleh pebalap Jerman Nico Hulkenberg.

Kepala tim Racing Point Otmar Szafnauer mengatakan bahwa sang putra dari Lawrence, biliuner pemilik tim, merasa sakit sejak Grand Prix Rusia pada 27 September.

Baca juga: Stroll sakit sejak GP Rusia, tetapi negatif COVID-19

Stroll menjadi pebalap kedua di Formula 1 yang positif terjangkit COVID-19, setelah rekan satu timnya, Sergio Perez yang melewatkan dua balapan di Silverstone pada Agustus.

Baca juga: Perez positif COVID-19 dan absen di Grand Prix Britania

"Saya hanya ingin memberi tahu semua orang bahwa baru-baru ini saya dites positif dengan Covid-19 setelah akhir pekan GP Eifel," kata Stroll di media sosial seperti dikutip Reuters.

"Saya merasa 100% dan sejak itu dites negatif."

Stroll tiba di Nurburgring setelah mendapati hasil tes negatif namun ketika bangun tidur pada Sabtu pagi dia mengalami sakit perut.

"Saya mengikuti protokol FIA dan mengisolasi diri di motorhome saya dan tidak kembali masuk ke paddock," kata dia menjelaskan.

Baca juga: Tantangan terbesar balapan F1 di bawah protokol COVID-19

"Saya tidak fit untuk balapan jadi saya terbang pulang ke rumah Minggu pagi. Karena saya masih merasa tidak enak badan saya menjalani tes Covid lagi Minggu pagi.

"Hasil hari berikutnya keluar negatif, jadi saya tinggal di rumah mengisolasi diri untuk 10 hari ke depan. Beruntung, gejala saya cukup ringan."

Stroll mengatakan ia menjalani tes kembali pada Senin dan mendapati hasilnya negatif.

"Saya merasa baik dan tidak sabar kembali bersama tim dan membalap di Portugal."

Baca juga: F1 luncurkan insiatif perangi COVID-19, rasisme, dan inekualitas
Baca juga: Mercedes siap hadapi musim F1 penuh tantangan terdampak pandemi
Pewarta : Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020