Jangan merasa bahwa situasi sudah aman dan merasa nyaman sehingga mulai melupakan pentingnya upaya pencegahan COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong pemerintah daerah (pemda) kembali meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan di daerah-nya.

"Mendorong pemda bersama Satgas Penanganan COVID-19 untuk meningkatkan kedisiplinan aparat pemda dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun serta memastikan ketersediaan fasilitas yang mendukung di tempat-tempat yang terjangkau," kata Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Hal itu dikatakannya sebagai respons atas Satgas Penanganan COVID-19 yang menyampaikan makin banyak pemda yang mulai abai dalam menerapkan protokol kesehatan.

Ia juga mendorong pemerintah untuk mengingatkan kembali pemda yang abai tersebut akan bahaya penyebaran COVID-19 di daerah-nya.

Baca juga: Doni ingatkan protokol kesehatan "vaksin" efektif tangkal COVID-19

Baca juga: KPU diminta maksimalkan protokol kesehatan dalam Pilkada


"Di samping mengevaluasi kondisi meningkatnya kabupaten dan kota yang berubah status dari zona kuning, yaitu wilayah dengan risiko rendah penularan COVID-19 menjadi zona jingga, yaitu wilayah dengan risiko penularan COVID-19 yang sedang," ujar Bamsoet.

Selain itu, kata dia, jua mendorong pemerintah pusat dan pemda berupaya mengembalikan kondisi wilayah yang sebelumnya berada di zona kuning dan hijau, namun berpindah ke zona jingga agar kembali ke zona yang memiliki tingkat penularan COVID-19 yang lebih rendah.

Selanjutnya, juga mendorong seluruh aparat pemda dan masyarakat untuk memperhatikan dampak dari COVID-19 terhadap kondisi kesehatan pribadi dan lingkungan dan diharapkan juga agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Jangan merasa bahwa situasi sudah aman dan merasa nyaman sehingga mulai melupakan pentingnya upaya pencegahan COVID-19," ujar dia.
#satgascovid19
#ingatpesanibupatuhiprotokolkesehatan

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020