Kehadiran Pelabuhan Marunda juga memberikan dampak berantai, yang positif bagi Pemprov DKI Jakarta
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyebutkan Pelabuhan Marunda, Jakarta, yang dikelola PT Karya Citra Nusantara (KCN), telah mendorong investasi baik tingkat daerah maupun nasional.

"Ini salah satu pelabuhan, yang diharapkan mendorong investasi baik nasional maupun daerah," ujar Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) Pemprov DKI Jakarta Faisal Syafruddin di Marunda, Jakarta, Selasa.

Baca juga: KCN: Program Tol Laut dapat turunkan biaya logistik

Menurut dia, kehadiran Pelabuhan Marunda juga memberikan dampak berantai, yang positif bagi Pemprov DKI Jakarta.

"Semakin banyak investor yang masuk, maka dengan ini kita berharap semakin banyak juga pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta," katanya.

Pemprov DKI melihat pelabuhan KCN merupakan sesuatu yang prospektif, mengingat infrastruktur ini merupakan investasi nasional yang besar sekaligus bagian program strategis nasional.

Faisal Syafruddin turut meninjau Pelabuhan Marunda bersama Ketua Panitia Khusus Kawasan Berikat Nusantara (KBN) DPRD Provinsi DKI Jakarta Pandapotan Sinaga, Direktur Utama KCN Widodo Setiadi, dan sejumlah anggota pansus serta pejabat terkait lainnya.

Faisal berharap dari hasil peninjauan ini para Anggota Pansus KBN DPRD DKI Jakarta dapat memberikan suatu solusi.

"Dari hasil kunjungan ini nanti teman-teman di pansus akan memberikan suatu solusi," ujarnya.

Keberadaan Pelabuhan Marunda sangat penting dalam upaya ikut serta memajukan perekonomian bangsa.

Terhitung, dari 2016 hingga Desember 2019, Pelabuhan KCN Marunda telah memberikan devisa bagi negara sebanyak Rp15 miliar yang hanya dari fee konsesi.

Menurut Dirut KCN Widodo Setiadi, dalam upaya ikut menyukseskan pembangunan, pihaknya terus melakukan berbagai upaya peningkatan kinerja.

Upaya yang dilakukan Pelabuhan Marunda dalam mendorong kemudahan pengangkutan barang, salah satu adalah mengurangi dwelling time.

Baca juga: KCN apresiasi adanya perlindungan hukum bagi para pelaku usaha
Baca juga: Terapkan protokol "New Normal", KCN cegah COVID di Pelabuhan Marunda

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020