Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin untuk terus adaptif dan inovatif dalam memimpin bangsa, setelah menjalani satu tahun masa pemerintahan.

"Saya mendorong kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin tetap fokus, serta terus adaptif dan inovatif dalam memimpin negara ini, khususnya dalam menghadapi masa pandemi COVID-19 saat ini," ujar Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca juga: Sekjen MUI: Jangan mudah menyimpulkan Jokowi-Ma'ruf gagal

Di masa satu tahun pemerintahan Jokowi-Maruf, dia mendorong seluruh jajaran kementerian dan lembaga agar dapat meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi antar lembaga.

Khususnya kepada Kementerian Sosial sebagai tulang punggung pemberian bantuan sosial (bansos), agar pemanfaatan program pemerintah melalui jaring sosial dapat terus dioptimalkan.

Baca juga: Survei Cyrus: Publik puas kinerja pemerintahan Presiden Jokowi

Selain itu, Bamsoet juga mendorong pemerintah untuk terus berupaya dalam mengedepankan kesehatan masyarakat dan menyelamatkan perekonomian nasional, dengan melakukan berbagai cara dan strategi yang fleksibel, cepat, dan tepat, serta mengoptimalkan pelaksanaan program Penyelamatan Ekonomi Nasional.

Adapun seiring dengan upaya menangani pandemi COVID-19, menurutnya pemerintah juga tetap dapat meningkatkan pembangunan sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi melalui reformasi birokrasi, dan transformasi ekonomi, dikarenakan kelima hal tersebut merupakan lima program prioritas Jokowi-Ma'ruf di masa lima tahun kepemimpinan mereka.

Baca juga: Indo Barometer: Kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi meningkat

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020