Dengan bersabar ini kita bisa mengendalikan diri
Jakarta (ANTARA) - Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengajak umat dan masyarakat untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan dalam menghadapi ancaman infeksi virus corona jenis baru SARS-CoV-2.

"Harus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Kita agar bersabar menghadapi musibah ini. Dengan bersabar ini kita bisa mengendalikan diri," kata Doni dalam diskusi daring, Jumat, bertema "Sosialisasi Iman, Aman dan Imun Hadapi COVID-19".

Ia mengatakan COVID-19 merupakan penyakit yang disebabkan virus yang tidak terlihat kasat mata tetapi dapat dirasakan dampaknya. Salah satu yang nampak adalah korban jiwa akibat virus corona jenis baru itu sebanyak satu juta orang lebih.

Sementara orang yang terpapar COVID-19 secara global, kata dia, sebanyak 37 juta orang. Sementara di Tanah Air yang terpapar SARS-C0V-2 lebih dari 350 ribu orang sedangkan 12 ribu lainnya meninggal.

Baca juga: Kemenag : Disiplin cuci tangan diterapkan pesantren cukup tinggi

Baca juga: BSN imbau masyarakat pakai masker terstandar


Doni mengatakan ada tiga kunci agar selamat dari COVID-19 di antaranya memakai masker, menjaga jarak (menghindari kerumunan) serta mencuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan sabun dan air mengalir.

"Atau kalau tidak ada tempat #cucitangan yang layak bisa menggunakan hand sanitizer,” kata Ketua #satgascovid19.

Sangat baik, kata dia, apabila protokol kesehatan itu dilengkapi dengan keimanan kepada Tuhan YME. "Harus dilengkapi dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT, kepada Tuhan Yang Maha Kuasa," katanya.

Baca juga: Satgas COVID-19: Pondok pesantren perlu sediakan ruang isolasi

Baca juga: Wapres: Patuh terhadap protokol kesehatan termasuk kategori ibadah

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020