PCINU siap gelar "Jepang Bersholawat" peringati Hari Santri Nasional

PCINU siap gelar

PCINU Jepang akan menggelar kegiatan bertajuk "Jepang Bersholawat" untuk memperingati Hari Santri Nasional 2020. (ANTARA/HO-PCINU Jepang)

Jakarta (ANTARA) - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCINU) Jepang menyatakan siap menggelar kegiatan bertajuk "Jepang Bersholawat" disertai sejumlah perlombaan dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 2020.

"Kami mengundang Kyai Marzuqi Mustamar, Ketua Pengurus Wilayah NU Jawa Timur. Kami mengundang beliau (untuk hadir) secara online di hadapan para jamaah yang akan berkumpul dari berbagai wilayah di Jepang," kata Ketua PCINU Jepang, Miftakhul Huda, dalam sebuah pernyataan pada Kamis.

Hari Santri Nasional (HSN) diperingati pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya, dan telah dimulai sejak 2015 silam. Tahun ini, peringatannya beriringan dengan Hari Maulid Nabi Muhammad yang jatuh pada tanggal 29 Oktober.

Baca juga: Youtuber Shalawat Summit semarakkan Hari Santri 2020

Acara "Jepang Bersholawat" dan kegiatan pengajian bersama KH. Marzuqi Mustamar, serta berbagai perlombaan, seperti lomba azan, lomba kaligrafi, lomba melantunkan ayat Alquran, dan lomba seni doodle dijadwalkan pada 22 November mendatang.

Huda menyebut bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang telah dilakukan selama beberapa tahun terakhir, atas kerja sama dengan Gerakan Pemuda Anshor Jepang, Majelis Wakil Cabang Istimewa Jepang, serta Kedutaan Besar RI di Tokyo.

"Insya Allah, teman-teman Majelis Wakil Cabang Istimewa di seluruh Jepang akan berpartisipasi, tentu dengan menjaga protokol kesehatan," kata Huda, yang juga peneliti di Tokyo Institute of Technology itu.

Baca juga: Wamenag: santri punya kontribusi besar untuk bangsa
Baca juga: PBNU instruksikan ziarah kubur sambut Hari Santri
Pewarta : Suwanti
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020