Perbaikan kegiatan usaha terjadi pada seluruh sektor ekonomi
Jakarta (ANTARA) - Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) oleh Bank Indonesia mengindikasikan bahwa kegiatan dunia usaha membaik pada triwulan III-2020, tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pada triwulan III-2020 sebesar minus 5,97 persen, membaik dari minus 35,75 persen pada triwulan II-2020.

"Perbaikan kegiatan usaha terjadi pada seluruh sektor ekonomi," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko dalam info terbarunya di Jakarta, Rabu.

Dijelaskan, perbaikan pada sektor industri pengolahan, perdagangan, hotel dan restoran, pengangkutan dan komunikasi dan sektor keuangan, real estate & jasa perusahaan didukung oleh penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di berbagai wilayah.

Sementara itu, perbaikan pada sektor pertanian, kehutanan & perikanan didukung oleh cuaca.

Sejalan dengan kinerja kegiatan usaha, katanya, kapasitas produksi terpakai dan penggunaan tenaga kerja pada triwulan III 2020 tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

Sementara itu, kondisi keuangan dunia usaha dari aspek likuiditas dan rentabilitas juga menunjukkan perbaikan pada triwulan III 2020, dengan akses kredit yang membaik.

Pada triwulan IV 2020, menurut Onny, responden memprakirakan kegiatan usaha akan mencatat kinerja positif dengan SBT sebesar 2,12 persen.

Berdasarkan sektor ekonomi, peningkatan terjadi pada mayoritas sektor ekonomi, terutama sektor keuangan, sektor real estate & jasa perusahaan, sektor perdagangan, hotel & restoran, dan sektor pengangkutan & komunikasi.

"Kegiatan usaha yang makin kuat pada triwulan IV 2020 sejalan dengan optimisme penerapan AKB yang dapat mendorong permintaan masyarakat," kata Onny.

Baca juga: Survei BPS: Dunia usaha lakukan adaptasi saat pandemi
Baca juga: Survei BI: Kegiatan dunia usaha turun pada triwulan II 2020
Baca juga: Survei BI: Perbaikan keyakinan konsumen terhadap perekonomian tertahan

 

Pewarta: Ahmad Buchori
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020