dapat menimbulkan keinginan warga Žďár nad Sázavou untuk lebih mengenal Indonesia
London (ANTARA) - Dubes RI di Praha, Kenssy Dwi Ekaningsih mengunjungi beberapa perusahaan industri berat Ceko Del a.s., yang saat ini tengah mengembangkan proyek kerja sama dengan perusahaan nasional produsen suku cadang kendaraan bermotor, Astra Otoparts.

Pensosbud KBRI Praha Prairie Maharwati dalam keterangan kepada Antara London, Rabu mengatakan kunjungan kerja Dubes Kenssy Ekaningsih untuk memenuhi undangan Wakil Walikota Žďár nad Sázavou, Josef Klement, pemilik kastil Žďár nad Sázavou Marie Kinsky, serta perusahaan Del, Plastia dan Svoboda Glass.

Kota Žďár nad Sázavou yang berpenduduk 21.000 orang itu berjarak sekitar 160 km dari ibu kota Ceko, Praha.

Pada kunjungan kerja ke kota Žďár nad Sázavou, Dubes Kenssy mengunjungi beberapa perusahaan yaitu Del a.s., Plastia dan Svoboda Glass.

Del, perusahaan di bidang industri berat yang memiliki proyek dan mitra kerja di Indonesia. Saat ini Del a.s. mengembangkan satu proyek dengan Astra Otoparts.

Proyek tersebut melibatkan konsepsi, desain, produksi, pengiriman, pengawasan dan commissioning dari otomatisasi robot untuk garis penempaan.

Sementara Plastia adalah perusahaan pembuat plastik untuk taman, antara lain pot dan composter. Plastia melakukan ekspor produk ke negara-negara Eropa, China, Jepang dan Australia. Produk unggulan Plastia adalah composter yang digunakan untuk membudidayakan cacing tanah dan menghasilkan kompos.

Svoboda Glass adalah perusahaan pembuat produk-produk gelas, khususnya dekorasi. Svoboda pernah mengekspor 600 bunga tulip dari gelas ke Indonesia.

Dalam pertemuan juga dibahas rencana untuk menggelar promosi budaya dan kuliner Indonesia di Žďár nad Sázavou pada 2021, dan dipusatkan di Kastil Žďár nad Sázavou. Menurut Dubes RI di Praha, kota tersebut merupakan salah satu kota bersejarah di Ceko. Selain itu, penduduk Žďár nad Sázavou antusias terhadap budaya asing.

“Budaya bersifat universal sehingga dapat diterima semua orang. Dengan mengenal budaya Indonesia, diharapkan dapat menimbulkan keinginan warga Žďár nad Sázavou untuk lebih mengenal Indonesia dan akhirnya berkunjung ke Indonesia,” ujar Dubes Kenssy.

Selain promosi budaya, KBRI Praha menggelar promosi kuliner. KBRI Praha saat ini tengah menggiatkan promosi kuliner Indonesia dalam berbagai pagelaran di Ceko. “Salah satu cara memenangkan hati dan pikiran orang asing adalah melalui makanan,” demikian Dubes Kenssy.

Baca juga: Kenssy Dwi Ekaningsih dubes yang bercita-cita menjadi wartawan
Baca juga: KBRI Praha bantu WNI terkait virus corona
Baca juga: Penonton di Ceko terpukau tari Saman

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020