Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong menegaskan para pemain di skuatnya dapat berganti-ganti posisi sesuai kebutuhan.

Dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Senin, Shin pun meminta para pemainnya siap jika bermain tidak di posisi aslinya.

Juru taktik asal Korea Selatan tersebut mencontohkan laga uji coba timnas U-19 kontra Macedonia Utara, Minggu (11/10).

Dalam pertandingan yang dimenangi Indonesia dengan skor 4-1 tersebut, Shin menempatkan Irfan Jauhari di posisi sayap kiri.

Padahal, pesepak bola asal klub Bali United itu biasa mengisi posisi penyerang.

"Hal ini berarti setiap pemain nantinya bisa saja bermain dengan berbagai posisi sesuai kebutuhan dan skema tim," kata Shin.

Baca juga: Shin: timnas U-19 bermain sesuai instruksi

Baca juga: Jack Brown bawa timnas U-19 tundukkan Macedonia Utara 4-1


Bukan cuma Irfan, selama pemusatan latihan timnas U-19 di Kroasia Shin juga mengubah posisi beberapa pemain seperti Braif Fatari dan Jack Brown.

Braif dan Jack yang posisi alaminya gelandang diturunkan sebagai penyerang oleh Shin.

Namun, sampai berita ini diturunkan, keputusan itu sudah menampakkan hasil. Dari sembilan laga uji coba yang sudah dilewati di Kroasia, Braif dan Jack masing-masing sudah membuat dua gol.

Timnas U-19 berada di Kroasia sejak akhir Agustus 2020 untuk menjalani pemusatan latihan (TC).

Selama TC di Kroasia, timnas U-19 sudah menjalani sembilan pertandingan uji coba dengan hasil empat kali menang, dua kali seri dan tiga kali kalah.

TC timnas U-19 tersebut menjadi persiapan menuju Piala Asia U-19 yang rencananya dilaksanakan pada awal tahun 2021 di Uzbekistan.

Setelah Piala Asia U-19, timnas U-19 diproyeksikan untuk berkompetisi di Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang dilaksanakan pada 20 Mei-12 Juni 2021 di Indonesia.

Baca juga: PSSI puji kemenangan timnas U-19 atas Macedonia Utara

Baca juga: Shin Tae-yong batasi penggunaan media sosial timnas U-19


 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2020