Jakarta (ANTARA) - Ratusan personel gabungan dari unsur petugas kebersihan serta pemadam kebakaran Pemerintah Kota Jakarta Timur dikerahkan untuk membantu pemulihan kondisi Jakarta Pusat.

"Ada 115 Petugas Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur yang bergerak menuju lokasi terdampak sejak pukul 23.00 WIB,” kata Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, Herwansyah di Jakarta, Jumat.

Mereka bertugas membantu membersihkan sampah yang berserakan di sejumlah titik Jakarta Pusat akibat unjuk rasa terkait penolakan Undang-undang Cipta Kerja yang berujung kericuhan, Kamus (8/10).

Petugas kebersihan diarahkan menuju beberapa fasilitas publik yang rusak seperti di kawasan Monas, Bundaran HI, kawasan Sarinah, Tugu Tani dan sejumlah lokasi lainnya.

Hermansyah mengatakan sampah yang terkumpul dievakuasi menggunakan sepuluh unit kendaraan bak sampah milik Pemkot Jakarta Timur.

"Selain 115 personel kami juga menurunkan 10 armada Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Timur membantu proses pengangkutan sampah, dan sisa puing di Jalan MH Thamrin, Bundaran HI sampai lampu merah Sarinah," katanya.

Baca juga: DLH DKI kumpulkan 398 ton sampah sisa aksi massa
Baca juga: Kelurahan Karet kerahkan 40 PPSU bersihkan puing sisa aksi massa


Secara terpisah, Kepala Seksi Operasional Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaeman mengerahkan tiga unit mobil pompa berikut 15 personel evakuasi untuk membantu pemadaman api yang membakar Bioskop Grand Theater di Senen, Jakarta Pusat.

"Total ada 30 armada pemadam yang dilibatkan untuk pemadaman api di Bioskop Senen, 15 di antaranya dari kita. Kami padamkan bersama tim dari wilayah lain. Tim dari timur baru selesai pemadaman pulang jam 05.00 WIB," kata Gatot.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020