Jakarta (ANTARA News) - Koperasi Simpan Pinjam dan Jasa (Kospin Jasa) menyatakan diri sudah layak masuk dalam 300 koperasi terbesar dunia atau koperasi terbesar ke tiga di wilayah Asia.

"Dengan kondisi kami yang seperti sekarang ini, pernah dikaji kami layak menjadi koperasi terbesar ke tiga di Asia," kata Ketua Umum Kospin Jasa, H.A. Zaky Arslan Djunaid, di Jakarta, Selasa malam, dalam acara Peluncuran dan Ulasan Buku Berfikir Besar Dalam Koperasi.

Saat ini, Kospin Jasa telah berumur 36 tahun dengan total kekayaan mencapai Rp1,5 triliun didukung oleh 82 kantor cabang dan 13 kantor cabang syariah.

Pihaknya menyesalkan sikap pemerintah yang sampai saat ini belum mengupayakan/mempromosikan koperasi masuk dalam level 300 koperasi terbesar dunia.

"Kenapa pemerintah tidak mencalonkan kami. Padahal kami sudah pernah diadu dalam pertemuan koperasi se-Asia dan idealnya menduduki ranking tiga se-Asia," katanya.

Ia mengatakan, keberhasilan Kospin Jasa sebagian besar karena kesetiaan anggota dan manajemen karyawan yang memiliki daya juang tinggi.

Koperasi itu bahkan sempat mendapat ranking satu koperasi terbaik se-Indonesia dalam waktu dua tahun berturut-turut. Pada 2009 menduduki peringkat pertama dalam 10 besar koperasi terbesar dan terefisien se-Indonesia versi Majalah Pusat Informasi Perkoperasian.

Kospin Jasa mampu membangun gedung-gedung kantornya tanpa bantuan pemerintah atau kredit perbankan. "Keberhasilan ini karena kami menerapkan manajemen amanah," katanya.

Menurut dia, sikap amanah merupakan syarat penting keberhasilan sebuah usaha bahkan jauh lebih penting dari pada sumber daya manusia.

Pihaknya rutin menganggarkan dana peningkatan SDM sebesar Rp1 miliar melalui pelatihan dan edukasi dengan mengundang para pakar yang ahli di bidangnya.

Ia bertekad mampu menunjukkan usaha koperasi setara dengan usaha yang lain seperti perbankan dengan hak dan perlakuan yang setara dalam berusaha.

Sementara itu, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang juga hadir dalam kesempatan itu mengatakan, keberhasilan pengelolaan koperasi terletak pada kepemimpinan.

"Tidak ada sistem yang memberikan jaminan apapun, termasuk koperasi, karena letaknya ada pada kepemimpinan, tergantung pada cara kita memimpin," katanya.

Ia menyambut baik diluncurkannya buku Berpikir Besar Dalam Koperasi, 36 Tahun Kospin Jasa, yang menceritakan rekam jejak kelahiran hingga kesuksesan Kospin Jasa.
(H016/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010