Diharapkan dengan adanya operasi pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sehingga bisa menekan penyebaran COVID-19
Medan (ANTARA) - Kodam I Bukit Barisan melalui Satuan Topografi Kodam I/BB menggelar operasi pendisiplinan protokol kesehatan COVID-19 kepada warga di Kecamatan Helvetia, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Minggu (4/10) 2020 guna mempercepat penanganan pandemi COVID-19.

"Operasi pendisiplinan protokol kesehatan tersebut dalam rangka percepatan penanganan pandemi COVID-19," ujar Kepala Topografi Kodam I/BB Kolonel (Ctp) Sutriman, di Medan, Minggu.

Ia menyebutkan pelaksanaan kegiatan ini sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 dan Pangdam I/BB tentang Operasi Pendisiplinan Masyarakat Terhadap Protokol Kesehatan.

Topografi Kodam I/BB, kata dia,  merasa terpanggil karena pandemi COVID-19 penyebarannya semakin membahayakan warga.

Pihaknya telah menurunkan satuan untuk melakukan sosialisasi dan sekaligus pendisiplinan masyarakat agar bisa peduli, serta patuh terhadap protokol kesehatan.

"Diharapkan dengan adanya operasi pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sehingga bisa menekan penyebaran COVID-19 di wilayah Kecamatan Helvetia, Kota Medan," katanya.

Sutrisman mengatakan dalam pelaksanaan operasi pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan agar efektif, maka pihaknya membagi kegiatan tersebut di tiga titik, yakni di Jalan Griya Riatur, Jalan Bom Baru, dan Jalan Kapten Muslim.

Dalam kegiatan itu, pihak Topdam I/BB menggandeng FKPD Kecamatan Helvetia dan unsur tokoh masyarakat sehingga tujuan pelaksanaan ini dapat dipahami serta melaksanakan protokol kesehatan.

"Jika warga Helvetia mau menaati protokol kesehatan, maka wilayah ini bisa ke luar dari kawasan zona merah sehingga aman dan terbebas dari penyebaran COVID-19," demikian Sutriman.

#satgascovid19 #ingatpesanibu

Baca juga: Kodam I Bukit Barisan siap laksanakan operasi penanganan COVID-19

Baca juga: Kodam I/BB terima 2.000 kotak obat atasi gejala COVID-19

Baca juga: Satgas TMMD diharapkan beri pemahaman warga bahaya COVID-19

Baca juga: Kapendam I/BB: Pembukaan TMMD ke-109 terapkan protokol kesehatan

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020