Masyarakat dapat mendaftar langsung di PPS (Panitia Pemungutan Suara) wilayah masing-masing
Baturaja (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan merekrut sebanyak 5.075 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk bertugas di Pilkada Serentak 2020 di wilayah setempat.

Komisioner KPU Ogan Komering Ulu (OKU) Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat, Pendidikan Pemilih dan SDM, Dony Mardianto di Baturaja, Jumat mengatakan bahwa pengumuman pendaftaran calon KPPS Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OKU 2020 ini sudah diumumkan pihaknya sejak Kamis (1/10) agar diketahui masyarakat di wilayah itu.

Dia menjelaskan, pendaftaran calon KPPS ini mulai dibuka pada 7-13 Oktober 2020 melalui PPS di setiap kecamatan di Kabupaten OKU.

Baca juga: KPU: Pemilih yang terpapar COVID-19 difasilitasi mencoblos oleh KPPS

"Masyarakat dapat mendaftar langsung di PPS (Panitia Pemungutan Suara) wilayah masing-masing," katanya.

Dalam pendaftaran ini, kata dia, KPU OKU akan merekrut sebanyak 5.075 anggota KPPS yang akan ditugaskan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat pemilihan nanti.

"Di OKU sendiri ada 725 TPS dan masing-masing ditugaskan tujuh orang anggota KPPS. Artinya dibutuhkan 5.075 orang ditambah 1.450 anggota Trantib yang juga akan direkrut," ungkapnya.

Setelah ditetapkan pada 24 November 2020 nanti, lanjut dia, anggota KPPS yang terpilih akan menjalani proses tes cepat (rapid test) COVID-19 sebelum ditugaskan di lapangan.

Hal tersebut dilakukan guna memastikan seluruh anggota KPPS tidak ada yang terindikasi terpapar virus corona.

"Karena pilkada ini dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19 sehingga kami ingin memastikan seluruh pihak penyelenggara pemilu jajaran KPU OKU tidak ada yang terpapar virus corona guna memberikan rasa aman bagi masyarakat yang akan mencoblos," tegasnya.

Baca juga: KPU Gunung Mas butuhkan 1.911 orang untuk menjadi anggota KPPS
Baca juga: Honor PPK dan PPS Pilkada 2020 Sulawesi Tenggara naik


Pewarta: Edo Purmana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020