Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan bahwa tinggi muka air di pos pantau aliran sungai dari kawasan Bogor ke Jakarta masih aman, namun masyarakat harus tetap waspada.

"Saat ini, tinggi muka air masih aman, yang perlu diantisipasi adalah apabila cuaca hujan dengan intensitas berat adalah masyarakat yang berada di sekitar aliran Sungai Ciliwung," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta Mohammad Insyaf di Jakarta, Sabtu.

Dari data yang diberikan oleh Insyaf, saat ini status ketinggian muka air hampir semuanya Siaga 4 atau Normal. Bendung Katulampa (10 cm/mendung), Depok (70 cm/terang), 
Manggarai (570 cm/terang) dan Karet (260 cm/terang).

 Krukut Hulu (10 cm/terang), Pesanggrahan (50 cm/mendung), Angke Hulu (40 cm/terang);mm,  Cipinang Hulu (75 cm/terang), Sunter Hulu (50 cm/terang) dan Waduk Pluit (-185 cm/terang).

Hanya pos pantau Pasar Ikan yang berstatus Siaga 2 dengan tinggi muka air 212 sentimeter (cm) dan cuaca saat ini terang.

Baca juga: 505 warga Pengadegan sempat mengungsi untuk antisipasi luapan Ciliwung
Baca juga: Anies minta warga di bantaran Ciliwung bersiap hadapi air dari hulu
Alat berat mengangkat sampah dari dari Kali Ciliwung yang menumpuk di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Selasa (22/9/2020). ANTARA/Laily Rahmawaty/am.
Wilayah Bogor dan sekitarnya diprediksi diguyur hujan sedang hingga lebat pada Sabtu petang hingga malam hari.

Data yang disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang diterima di Jakarta, Sabtu petang, menyebut pada pukul 16 05 WIB berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang mulai pukul 16.35 WIB di wilayah Kabupaten Bogor.

Wilayah yang diprediksi mengalami hujan sedang hingga lebat diprediksi terjadi di Sukaraja, Leuwiliang, Pamijahan, Nanggung, Caringin, Sukajaya, Cigombong dan sekitarnya.

Hujan tersebut juga diprediksi dapat meluas ke wilayah lainnya, yakni Citeureup, Babakan Madang, Jonggol, Cariu, Sukamakmur, Ciampea, Cibungbulang, Jasinga, Cigudeg, Ciawi, Megamendung, Cijeruk, Ciomas, Dramaga, Tamansari, Klapanunggal, Tanjungsari, Leuwisadeng dan Tenjolaya.

Kemudian di Kota Bogor, yakni Bogor Selatan, Bogor Timur, Bogor Tengah, Bogor Barat, Bogor Utara, Tanah Sareal dan sekitarnya.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020