Kami optimistis target tersebut bisa tercapai, karena hingga kini kami sudah merealisasikan 68,5 persen target ekspor
Padang (ANTARA) - PT Semen Padang mengekspor semen sebanyak 25.000 ton ke Australia yang diangkut menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Teluk Bayur Padang.

Senior Manager of Export Sales Semen Indonesia Group Fifit Abriyanto di Padang, Jumat mengatakan,semen yang diekspor ke Australia tipe OPC Type I Grade 52,5N melalui kapal MV Luga yang sudah lego jangkar di Pelabuhan Teluk Bayur.

" Dalam dua hari ke depan, proses pemuatan semen seberat 25.000 ton ke kapal sudah selesai dilakukan," kata dia.

Selain itu, PT Semen Padang pada September 2020 juga mengekspor klinker lebih kurang sebanyak 35.000 Matric Ton (MT) ke Bangladesh.

"Dari jumlah tersebut, sebanyak 95.300 MT sudah dikirim. Kemudian sisanya, akan diekspor pada akhir September ini," kata dia.

Bagi PT Semen Padang, atau Semen Indonesia Group, kata Fifit, ekspor semen dan klinker tentu menguntungkan secara pendapatan, maupun dari sisi utilisasi pabrik, karena semakin tinggi penjualan, maka akan semakin tinggi jam operasi produksi

“Jadi dengan adanya ekspor ini, pabrik menjadi teroptimalisasi. Kemudian dari sisi keuangan, ekspor semen dan klinker itu juga dapat menambah devisa negara. Bulan depan, PT Semen Padang direncanakan untuk ekspor klinker ke Cina," katanya.

Ekspor semen dan klinker ke berbagai negara itu, tambah Fifit, terus dimaksimalkan dan ekspor tersebut sudah berlangsung sejak 2008.

Namun untuk ke Australia, telah dimulai sejak 2016 dan PT Semen Padang adalah perusahaan semen pertama yang berada di bawah naungan Semen Indonesia Group yang mengekspor semen ke Australia.

PT Semen Padang menargetkan ekspor semen dan klinker pada 2020 sebanyak 1.580.000 MT, meskipun saat ini dunia diguncang wabah COVID-19.

"Kami optimistis target tersebut bisa tercapai, karena hingga kini kami sudah merealisasikan 68,5 persen target ekspor," ujarnya.

Sejak awal Januari hingga pertengahan September 2020, PT Semen Padang telah mengekspor 1.085.000 MT ke enam negara di dunia dengan rincian, semen sebanyak 116.000 MT dan klinker 969.000 MT yakni  Banglades, Myanmar, Filipina, Australia, Sri Lanka dan Maldives,



Baca juga: Garap pasar Asia, ekspor Semen Indonesia naik 19,6 persen

Baca juga: Sulawesi Utara ingin ekspansi ekspor semen ke Asia

Baca juga: Semen Padang ekspor perdana ke Australia

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020