Awasi protokol kesehatan personel TNI diingatkan jaga kesehatan

Awasi protokol kesehatan personel TNI diingatkan jaga kesehatan

Dandim 0504/Jakarta Selatan Kolonel Inf Ucu Yustiana mendampingi Staf Ahli Pangdam Jaya Bidang Lipentek Kolonel Inf Asep Djunaidi memantau penegakan disiplin protokol kesehatan di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (24/9/2020) (ANTARA/HO-Kodim 0504/Jakarta Selatan)

Jakarta (ANTARA) - Staf Ahli Pangdam Jaya Bidang Lipentek Kolonel Inf Asep Djunaidi  mengingatkan jajaran TNI untuk selalu menjaga kesehatan selama bertugas sebagai pengawas protokol COVID-19.

"Kepada personil di lapangan saya tekankan agar selalu bertugas dengan penuh rasa tanggung jawab, tetap semangat dan selalu jaga kesehatan," kata Kolonel Inf Asep Djunaidi, Staf Ahli Pangdam Jaya Bidang Lipentek saat 
meninjau pendisiplinan protokol kesehatan di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis.

Baca juga: Satpol PP Jakarta Pusat jaring 4.634 pelanggar PSBB

Kedatangan Staf Ahli Pangdam Jaya Bidang Lipentek Kolonel Inf Asep Djunaidi ke Pasar Kebayoran Lama didampingi Dandim 0504/Jakarta Selatan Kolonel Inf Ucu Yustiana.

Dalam kunjungan tersebut, selain memantau pendisiplinan protokol kesehatan juga dilakukan pembagian masker kepada pedagang dan pengunjung.

Asep juga mengingatkan agar personel TNI yang terlibat dalam pengawasan protokol kesehatan juga harus menerapkan protokol kesehatan bagi diri sendiri terlebih dahulu.

Baca juga: 10 ribu ojek daring jadi pengawas protokol kesehatan di DKI Jakarta

"Saya datang ke sini untuk melaksanakan pengawasan dan pengecekan personil yang terlibat penegakan disiplin mematuhi protokol kesehatan, saya harapkan sebelum mendisiplinkan warga masyarakat terlebih dahulu kita sebagai pengawas harus patuh dan menjalankan protokol kesehatan pada diri kita," kata Kolonel Asep selaku Perwira pengawas Penegakan Disiplin Mematuhi Protokol Kesehatan (PDMPK)

Dandim 0504/Jakarta Selatan Kolonel Inf Ucu Yustiana mengatakan peran TNI selama penegakan disiplin protokol kesehatan adalah membantu Satpol PP Jakarta selatan dan jajaran Polri melakukan penindakan hukum.

Baca juga: Polrestro Jaksel bentuk Timsus Penindakan Pelanggar Protokol Kesehatan

Ia menyebutkan, dalam PDMPK, Kodim 0504/Jakarta Selatan melibatkan ratusan personil.

Ia merincikan, personel yang terlibat berjumlah 566 orang, terdiri atas 260 personil organik Kodim 0504/Jakarta Selatan ditambah 306 Pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO) Dandim 0504/Jakarta Selatan.

"Pasukan tersebut melaksanakan pengawasan di pasar-pasar, perkantoran, stasiun MRT dan KRL, serta pemukiman padat penduduk," ujar Kolonel Ucu.

Ucu menambahkan, saat ini pihaknya bersama Pemerintah Kota Jakarta Selatan fokus melaksanakan pengawasan dititik-titik kerumunan yang biasa dijadikan anak-anak muda berkumpul.

Selain itu, tambah Ucu, Kodim 0504/Jakarta Selatan juga sudah mengaktifkan organisasi masyarakat (ormas) di bawah binaan Kodim 0504/Jakarta Selatan untuk membantu mensosialisasikan kampanye 4M.

"Kita berdayakan ormas-ormas binaan Kodim untuk kampanye 4M, yakni memakai masker, menjaga jarak, cuci tangan dan menjauhi kerumunan," kata Kolonel Ucu.
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020