Jakarta (ANTARA) - Gojek telah dipercaya oleh pemerintah untuk memfasilitasi kesempatan bagi para mitra UMKM dalam mengakses program Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk menjaga kelangsungan usaha di masa pandemi.

Dukungan tersebut semakin menggarisbawahi upaya gotong royong dan dukungan UMKM melalui inisiatif #MelajuBersamaGojek, dimana mitra UMKM dapat mendaftarkan pinjaman KUR Super Mikro dengan Suku Bunga 0 persen , inisiatif subsidi dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (Kemenko Perekonomian) yang disalurkan oleh Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Selanjutnya, mitra usaha Gojek yang mendaftar dan memenuhi persyaratan dari bank berpotensi mendapatkan fasilitas pinjaman hingga Rp 10 juta.

"Menciptakan dampak sosial positif dengan memanfaatkan teknologi merupakan bagian dari DNA Gojek yang mendasari seluruh inovasi kami sejak awal kami berdiri. Melalui solusi komprehensif dan inklusif, Gojek mendukung usaha mikro dan kecil untuk bertumbuh di ekosistem kami dan mendukung ratusan ribu UMKM ini terus #MelajuBersamaGojek," ucap Co-CEO Gojek Andre Soelistyo melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu. 

Di sisi lain, program ini menunjukkan posisi Gojek yang sentiasa berkomitmen menjadi mitra andalan pemerintah dalam mendukung berbagai upaya pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Gojek sebut transaksi Gofood selama pandemi meningkat 20 persen

Baca juga: Permudah UMKM #MelajuBersamaGojek, GoBiz usung Inovasi Daftar Mandiri
​​​

"Sebagai bagian dari inisiatif #MelajuBersamaGojek yang merupakan dukungan komprehensif dan inklusif kami ke mitra UMKM, Gojek sangat berbangga hati dapat kembali dipercaya menjadi mitra pilihan pemerintah untuk memfasilitasi kesempatan bagi para mitra usaha Gojek mengakses program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro." kata Andre.

Semangat gotong royong dan dukungan UMKM #MelajuBersamaGojek telah dilaksanakan secara konsisten oleh Gojek, yang mencakup dukungan ekosistem teknologi dan non-teknologi yang komprehensif serta inklusif termasuk akses ke fasilitas permodalan.

Sebelumnya, Gojek juga telah menjadi mitra pilihan bank Himbara dan pemerintah melalui program Digital Kredit untuk UMKM (DigiKU) serta telah memfasilitasi mitra driver dengan pinjaman Dana Bunga Ringan yang juga merupakan kolaborasi bersama Bank BRI.

Azizah Haerasari, pemilik Tanghot, Jakarta, mitra GoFood, dan salah satu debitur Pinjaman Mikro Bank Himbara mengatakan bahwa selama masa pandemi, pihaknya bersyukur tetap dapat menjaga transaksi usaha kulinernya bersama layanan pesan antar makanan GoFood.

"Saya beradaptasi dengan menggunakan fitur promosi GoFood untuk meningkatkan permintaan konsumen dan meningkatkan protokol kebersihan di kedai saya untuk menjaga kepercayaan konsumen,” ujar Azizah.

Keberhasilan Gojek mendukung UMKM juga tercermin di hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) bertajuk “Peran Ekosistem Gojek di Ekonomi Indonesia Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19”. Hasil riset menunjukan bahwa Gojek menjadi pilihan mitra UMKM untuk bertahan dan bertumbuh selama adaptasi dimana 92 persen dari UMKM mengatakan mereka mampu beradaptasi lebih cepat dalam pandemi karena Gojek, dan hampir 50 persen mengatakan mereka tidak akan dapat bertahan jika mereka bukan bagian dari ekosistem Gojek.

Baca juga: Gojek dan Korlantas POLRI luncurkan pelatihan keselamatan berkendara

Baca juga: Gojek mulai terapkan "geofencing" di masa PSBB Jakarta

Baca juga: Gojek pastikan keamanan digital bagi pengguna hingga mitra

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020