KPU Agam tetapkan dua pasangan calon bupati-wakil bupati

KPU Agam tetapkan dua pasangan calon bupati-wakil bupati

Plh Ketua KPU Kabupaten Agam, Zainal Abadi sedang memimpin rapat pleno penetapan calon bupati dan wakil bupati di Aula Husni Kamil Manik Kantor KPU setempat, Rabu (23/9). (antarasumbar/Istimewa)

Lubukbasung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menetapkan dua dari empat pasang calon (paslon) bupati dan wakil bupati yang akan mengikuti pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat pada 2020.

"Dua pasangan calon yang kita tetapkan atas nama Hariadi-Novi Irwan dan Taslim-Syafrizal saat rapat pleno di Aula Husni Kamil Manik Kantor KPU Agam, Rabu," kata Pelaksana Harian Ketua KPU Agam, Zainal Abadi di Lubukbasung, Rabu.

Ia menambahkan, dua pasangan calon yang belum ditetapkan atas nama Andri Warman-Irwan Fikri dan Trinda Farhan Satria-Muhammad Kasni.

Baca juga: KPU Surabaya tetapkan dua peserta Pilkada 2020
Baca juga: Tiga pasangan calon ditetapkan menjadi peserta Pilkada Sukabumi
Baca juga: Pilkada Pematangsiantar hanya diikuti satu paslon


Kedua pasangan itu belum ditetapkan karena hasil tes jasmani, rohani dan bebas narkotika dari Andri Warman dan Trinda Farhan Satria belum keluar dari pihak Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang.

Ini menginggat Andri Warman dan Trinda Farhan Satria terkonfirmasi positif COVID-19 setelah mendaftar, sehingga tes kesehatan kedua calon bupati itu ditunda sampai hasilnya negatif, sesuai PKPU Nomor 10 Tahun 2020 tentang Pencalonan.

"Dua calon bupati ini telah melakukan tes kesehatan di RSUP M Djamil Padang pada 21 dan 22 September 2020. Kita berharap hasil tes kesehatan itu keluar dalam waktu dekat," jelasnya.

Ia menambahkan pengundian nomor urut pasangan yang telah ditetapkan sebagai calon bupati dan wakil bupati bakal dilakukan, Kamis (24/9).

Sementara lokasi pengundian nomor urut di Aula Utama Kantor Bupati Agam atau salah satu hotel di daerah itu.

"Kita belum menyepakati lokasi pengundian nomor urut. Saat pengundian nomor urut kita bakal menerapkan protokoler kesehatan COVID-19 dan masing-masing calon dibatasi membawa tim dan pendukung hanya lima orang," terangnya.

Untuk pengundian nomor urut Andri Warman-Irwan Fikri dan Trinda Farhan Satria bakal dilakukan setelah kedua pasangan calon itu ditetapkan sebagai calon.

Pasangan Hariadi-Novi Endri diusung PPP, Golkar dan PBB. Sedangkan pasangan Taslim-Syafrizal diusing Partai Gerindra.

Untuk pasangan Andri Warman-Irwan Fikri diusung Partai Demokrat dan PAN. Pasangan Trindra Farhan Satria-Muhammad Kasni diusung PKS dan Nasdem. 

 
Pewarta : Altas Maulana
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2020