Jayapura (ANTARA) - Jumlah pasien positif terpapar COVID-19 di Kota Jayapura, Provinsi Papua, bertambah 48 orang menjadi total 2.702 orang, menurut data dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 kota setempat.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari di Jayapura, Rabu, mengemukakan pada Selasa (22/9) sebanyak 48 pasien terkonfirmasi terpapar corona baru, dengan sebaran di Kelurahan Tanjung Ria, Distrik Jayapura Utara, dua orang, Kelurahan Angksapura, Distrik Jayapura Utara, satu orang.

Tiga orang dari Kelurahan Mandala, Distrik Jayapura Utara, satu orang dari Kelurahan Imbi, Distrik Jayapura Utara, tiga orang dari Kelurahan Bhayangkara, Distrik Jayapura Utara, dua orang dari Kelurahan Gurabesi, Distrik Jayapura Utara, satu orang dari Kelurahan Numbay, Distrik Jayapura Selatan, tiga orang dari Kelurahan Ardipura, satu orang dari Kelurahan Argapura, Distrik Jayapura Selatan.

Baca juga: Nakes Puskesmas Kwano berstatus probable COVID-19 meninggal

Baca juga: Kota Jayapura terbanyak, 72 warga Papua meninggal karena COVID-19


Selanjutnya, tiga orang dari Kelurahan Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, tiga orang dari Kelurahan Entrop, Distrik Jayapura Selatan, empat orang dari Kelurahan Wahno, Distrik Abepura, tiga orang dari Kelurahan Vim, Distrik Abepura, satu orang dari Kelurahan Waimhorock, Distrik Abepura, satu orang dari Keluraha Yobe, Distrik Abepura.

Kemudian, enam orang dari Kelurahan Awiyo Distrik Abepura, satu orang dari Kelurahan Asano, Distrik Abepura, lima orang dari Kelurahan Hedam, Distrik Heram, satu orang dari Kelurahan Waena, Distrik Heram, dua orang dari Kelurahan Yabansai, Distrik Heram, satu orang dari Kampung Yoka, Distrik Heram.

Pada Selasa (22/8), pihaknya mencatat dua pasien sembuh setelah menjalani perawatan, keduanya dari Kelurahan Kota Baru, Distrik Abepura dan satu lagi dari Kelurahan Asano, Distrik Abepura. Masih pada Selasa kemarin, satu pasien meninggal dunia akibat terpapar virus corona.

Ni Nyoman Sri Antari yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura itu menyebutkan, sejak 17 Maret sampai 22 September 2020, total pasien positif COVID-19 di kota itu sebanyak 2.702 orang. Dari jumlah itu, 675 orang di antaranya masih menjalani perawatan.

Sementara pasien sembuh sebanyak 1.983 orang. Pasien meninggal akibat COVID-19 sebanyak 44 orang. Kasus suspek dari 27 orang bertambah menjadi 31 orang. Pasien yang kontak erat dengan pasien lain sebanyak 439 orang, dan kasus terkonfirmasi tanpa gejala 114 orang.

Sebelumnya, Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan ini akibat ketidakpatuhan masyarakat pada protokol kesehatan yang ketat. Kalau masyarakat patuh, maka angka positif tidak akan naik.

Pemerintah Kota Jayapura tetap akan turun ke lapangan untuk mengingatkan masyarakat mencegah COVID-19 baik ditempat wisata, Mall, terminal, tempat umum dan lainnya.

"Jika masyarakat memakai masker, cuci tangan, jaga jarak, tidak bersentuhan langsung, dan hidup bersih, pasti angka kasus COVID-19 di Kota Jayapura tidak akan naik," ujar dia.*

Baca juga: Pasien COVID-19 di Kota Jayapura bertambah jadi 2.521

Baca juga: 311 pasien sembuh dari COVID-19 sembuh di Kabupaten Jayapura

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020