Jakarta (Antara) -- Gerakan Saling Berbagi (GSB) yang diinisiasikan oleh lembaga filantropi nirlaba, Indonesia CARE, mendapatkan respon positif dari masyarakat. 

GSB merupakan gerakan yang mengajak masyarakat dengan kelebihan kemampuan atau rezeki untuk berbagi baik itu dalam bentuk beras, sayur, lauk pauk hingga roti. Makanan tersebut kemudian digantung di tempat-tempat strategis untuk diambil secukupnya oleh orang-orang yang membutuhkan.

Ketua RT 004/03 Sunter Jaya, Aminudin mengatakan, warganya sangat antusias ikut partisipasi menyumbang untuk program ini. Sedangkan penerima manfaatnya banyak juga dari RT-RT lain.

"Ini tradisi asli Indonesia, saling berbagi makanan sudah ada sejak dulu," ungkapnya.

Sementara itu, Adi Suminto, yang berprofesi sebagai pengusaha bajaj di wilayah Sunter Jaya, Jakarta Utara, mengakui dirinya sangat terbantu oleh program ini mengingat dirinya kesulitan mendapatkan penumpang sejak Pembatasan Sosial Berskala Besar Jilid 2 diterapkan di wilayah DKI Jakarta.

"Karena tak bisa bawa pulang uang, maka dirumah tak ada yang bisa dimakan," ujarnya.

Ditempat yang sama GM Program Indonesia CARE Repil Ansen mengatakan, masyarakat dapat berpartisipasi dengan memberikan baik berupa natura maupun uang.

"Tidak usah malu atau sungkan untuk datang menyalurkan donasi Natura. Atau jika ingin membantu dalam bentuk uang, silaman transfer ke rekening kemanusiaan Indonesia CARE di BNI Syariah 7000-555-292," beber Repil yang juga aktivis Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) itu.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2020