Medan (ANTARA) - Mantan Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof dr H Chairuddin Panusunan Lubis DTM & H Sp A (K) wafat di Rumah Sakit (RS) Columbia Medan, Rabu, pukul 07.45 WIB.

Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu,SH, beserta seluruh pimpinan dan sivitas akademika USU menyampaikan ucapan duka cita dan kehilangan mendalam atas berpulangnya Prof dr H Chairuddin Panusunan Lubis, DTM & H H, Sp A (K).

Ia menyebutkan, Prof dr H Chairuddin P Lubis merupakan Rektor USU yang menjabat selama tiga priode, yakni dari tahun 1994-1988, 1998-2002, diperpanjang hingga 2005.Kemudian periode USU PT-BHMN 2005-2010.

Seluruh pimpinan dan keluarga besar USU sangat kehilangan atas wafatnya Prof dr H Chairuddin P Lubis yang karya, ide dan gagasannya, baik selama beliau menjadi dosen maupun sebagai Rektor USU sangat luar biasa dedikasinya untuk kemajuan USU.

Baca juga: Puluhan dosen positif, BTKLPP tes usap massal lingkungan Kampus USU

Baca juga: USU tempati peringkat sembilan peminat terbanyak nasional SBMPTN 2020


"Beberapa diantaranya sangat monumental perjuangannya untuk menjadikan USU jadi Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (USU PT BHMN) pada tahun 2003, pertama di luar Pulau Jawa, yang sejak 2014 berubah menjadi PTN BH," ujarnya.

Runtung menjelaskan Prof Chairuddin P Lubis juga patut dikenang saat memperoleh membangun Kampus USU di Kuala Bekala di Kabupaten Deli Serdang seluas 300 Hektare, perjuangannya memperoleh bantuan dari pemerintah untuk pembangunan Rumah Sakit (RS) USU dan peletakan batu pertama RS USU tersebut.

"Pada masa kepemimpinan Prof Chairuddin P Lubis, beliau juga berhasil menempatkan USU dalam peringkat 10 besar PTN di Indonesia, dan banyak lagi karya beliau yang monumental untuk dikenang sepanjang sejarah USU," katanya.

Prof dr H Chairuddin Panusunan Lubis, DTM & H, Sp A (K), lahir di Kuala Tungkal Jambi pada 18 Maret 1945. Beliau meninggalkan seorang istri yakni Ir Hj Dewi Herawati dan tiga orang putra-putri, yaitu Dr Anggia Chairuddin Lubis, Dr Inke Nadia Diniyanti Lubis, M Ped, dan Dr Anindita Lubis.

Menurut kolega, Prof Chairuddin P Lubis sudah lama menderita sakit, terakhir menderita stroke dan komplikasi beberapa penyakit.*

Baca juga: Penutupan kampus USU diperpanjang hingga 8 Agustus 2020

Baca juga: Rektor USU Runtung Sitepu sembuh dari COVID-19

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020