Pemkot Jaksel bagikan 50 ribu masker kepada masyarakat

Pemkot Jaksel bagikan 50 ribu masker kepada masyarakat

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Budi Sartono secara simbolis menyerahkan bantuan masker kepada petugas untuk dibagikan kepada masyarakat, Sabtu (12/9/2020). ANTARA/HO-Pemkot Jakarta Selatan

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan bersama Polres Metro Jakarta Selatan dan Kodim 05/04 Jakarta Selatan membagikan sebanyak 50 ribu masker kepada masyarakat sebagai langkah awal menekan lonjakan virus COVID-19.

"Strategi pertama tetap pemakaian masker, berikutnya mengikuti petunjuk dari pemerintah, Gubernur DKI seperti apa," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Budi Sartono di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Sabtu.

Baca juga: IDI Jaksel ingatkan masyarakat terapkan 4M cegah penularan COVID-19

Masker tersebut akan didistribusikan kepada 65 Kelurahan se-Jakarta Selatan dengan dibantu oleh Bhabinkamtibmas di masing-masing wilayah.

Selama PSBB diberlakukan, Budi menegaskan polisi bersama Pemkot dan TNI akan menertibkan kegiatan masyarakat yang dilarang seperti kerumunan atau keramaian serta yang dianggap melanggar protokol kesehatan COVID-19.

Baca juga: Jelang PSBB total, TNI-Polri di Jakarta Barat bagikan masker gratis

" Jika ada kerumunan kita bubarkan. Tempat-tempat keramaian, restoran yang masih menyediakan makan di tempat pasti kita bubarkan," tambahnya.

Nantinya para Lurah dan Bhabinkamtibmas akan menilai mana warga yang mempunyai mobilitas tinggi dalam keluar rumah. Mereka akan diberikan masker baru meski sudah memiliki masker sendiri.

Baca juga: Satpol PP beri sanksi sosial cat trotoar bagi warga tak gunakan masker

"Kualifikasi pemberian masker nanti Lurah dan Bhabinkamtibmas yang akan menilai. Mana warga yang memang harus keluar, serta mobilitasnya  tinggi. Saat ini memang masyarakat punya masker tapi ya itu-itu aja. Sehingga mungkin kondisi tidak layak lagi makanya kita bagi yang baru, "katanya.

Kegiatan pembagian masker juga dihadiri oleh Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali dan Dandim 0504 JS Kolonel Inf Ucu Yustiana.
Pewarta : Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020